Jumat, 25 September 2020

Hilangnya Etika Politik dan Budaya Malu

Hilangnya Etika Politik dan Budaya Malu

Foto: jokowi boyong anggota Keluarga ke jerman dan turki. (ist)

Oleh: Pradipa Yoedhanegara*

Surabaya, Swamedium.com — Dalam tulisan ini sengaja saya mengangkat tema mengenai hilangnya Budaya Malu dan Etika yang ada saat ini, dan dipertontonkan dihadapan publik dengan begitu gamblangnya, kasar serta tanpa adanya kesan bersalah yang dilakukan oleh para pesohor publik dinegeri ini, seiring dengan perkembangan iptek yang begitu pesat dan maju.

Etika politik merupakan filsafat moral tentang dimensi politis dalam kehidupan manusia, atau merupakan cabang dari ilmu filsafat yang membahas mengenai prinsip-prinsip tentang moralitas dalam politik. Kemudian etika politik sebagai ilmu dan cabang filsafat yang lahir di Yunani pada saat struktur-struktur politik tradisional sudah mulai ambruk dan amburadul.

Etika sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu “ETHES” yang berarti kesediaan jiwa akan kesusilaan, atau dapat diartikan sebagai suatu kumpulan mengenai peraturan atau pun kaidah tentang norma kesusilaan.

Dengan kata lain, etika politik merupakan prinsip moral tentang baik-buruk dalam tindakan atau perilaku dalam berpolitik. Etika politik juga dapat diartikan sebagai tata susila (kesusilaan), tata sopan santun (kesopanan) dalam hal pergaulan politik.

Menarik memang ketika kita ingin membahas persoalan etika dalam politik karena etika adalah nilai paling luhur dan tertinggi diatas hukum tertulis, sebab etika itu hidup didalam nurani (conscience) manusia tanpa terimplementasi. sebab etika merupakan nilai yang sangat universal karena etika lahir dari pikiran yang lurus dan hati nurani yang tulus, bersih dan suci.

Hari ini ketika kita berbicara tentang etika politik para politisi, mungkin publik sudah sangat muak dan tingkat kepercayaan publik begitu sangat rendahnya, bahkan sudah dibawah titik nadir, manakala para politikus dan para pemimpin negeri ini sangat ponggahnya karena sering mempertontonkan dramatikal politik kelas tinggi yang bernama “PENCITRAAN”.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.