Selasa, 26 Januari 2021

Ini Dahsyatnya Manfaat Kecambah Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Ini Dahsyatnya Manfaat Kecambah Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Jakarta, Swamedium.com – Ternyata, tauge, toge atau disebut juga kecambah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Sayuran berwarna putih yang terbuat dari kacang hijau ini kerap ditemui dalam beragam kuliner Indonesia. Selain harganya murah, tauge bagus untuk menjaga kebugaran tubuh.

Banner Iklan Swamedium

Dalam kuliner Indonesia, tauge adalah salah satu sayuran yang bisa jadi lalapan ataupun diolah bersama bahan makanan lainnya, sehingga menjadi makanan lezat, seperti gado-gado, ketoprak, toge goreng, bakwan, soto, pecel, asinan, ditumis bersama teri atau ikan peda, dan lainnya. Sayuran ini mudah didapatkan dan murah harganya.

Selama ini, orang hanya tahu bahwa tauge berkhasiat untuk membantu kesuburan bagi suami istri yang ingin mendapatkan keturunan atau cepat hamil.Benar, tauge memang mengandung vitamin B, C, B1, B6, K dan A yang sangat penting untuk meningkatkan kesuburan baik pria maupun wanita.

Dalam tauge berlimpah akan kandungan asam folat, yaitu suatu vitamin yang penting untuk kesehatan darah dan sangat diperlukan untuk mempromosikan kehamilan yang sehat.

Selain itu, tauge juga merupakan sumber zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, kalium, mangan, serta asam lemak omega-3 yang berlimpah. Tauge juga mengandung banyak oksigen sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, membunuh bakteri, meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh, serta manfaat yang lain.

Berikut ini beberapa khasiat dari tauge yang Anda perlu tahu, sebagaimana dikutip dari berbagai sumber:

1. Mencegah osteoporosis
Kandungan estrogen alami dalam tauge akan bekerja seperti estrogen buatan. Namun kelebihan estrogen alami tidak memiliki efek negatif. Jadi estrogen dalam tauge dapat dengan mudah meningkatkan ketebalan tulang, struktur tulang dan menghentikan kebusukan tulang.

Pengeroposan tulang adalah penyakit yang cukup banyak menyerang wanita sebab setiap bulannya wanita mengalami menstruasi. Hal itu akan menguras cadangan kalsium dalam tubuh wanita.

Untuk mencegah osteoporosis atau kerusakan tulang lainnya, konsumsilah tauge.

2. Bagus untuk diet
Jika Anda sedang menjalani program penurunan berat badan, Anda bisa menjadikan taoge sebagai variasi menu makan Anda.

Taoge memiliki kandungan protein, serat yang tinggi, dan karbohidrat yang rendah. Kombinasi kandungan ini membuat taoge sangat cocok untuk menahan lapar dengan tetap memberi cadangan energi untuk beraktivitas sehari-hari. Kandungan serat yang tinggi juga dapat membantu melancarkan pencernaan.

3. Antioksidan tinggi.
Taoge memiliki kandungan fitosterol yang cukup tinggi dan berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa yang penting untuk tubuh.

Antioksidan berfungsi memperlambat proses penuaan dengan memerangi radikal bebas, menjaga kecantikan kulit, memembantu melawan sel kanker, menjaga daya tahan tubuh, dan lainnya.

4. Menurunkan kolesterol
Tauge berasal dari benih yang berkecambah. Saat benih berkecambah, kadar kandungan saponinnya akan naik drastis. Saponin dapat membantu menghancurkan Low Density Lipoprotein (LDL) atau lemak jahat pada penderita kolesterol tanpa mengganggu lemak High Density Lipoprotein (HDL) atau lemak baik.

Anda yang berisiko stroke dan serangan jantung dapat memilih kecambah sebagai variasi bahan makanan.

5. Meningkatkan kesuburan
Manfaat tauge yang satu ini telah diketahui banyak orang, dan memang bukan merupakan mitos. Tauge kaya akan vitamin E yang baik bagi pasangan suami istri yang sedang berencana memiliki anak. Taoge juga memiliki kandungan asam folat yang baik untuk mempersiapkan rahim calon ibu untuk menyambut kehamilan. (maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita