Sabtu, 26 September 2020

Kapolres Bekasi Kota: Laporan terhadap Kaesang Tetap Diproses

Kapolres Bekasi Kota: Laporan terhadap Kaesang Tetap Diproses

Foto: Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Hero Bachtiar. (Kompas)

Bekasi, Swamedium.com — Laporan terhadap Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo disebut masih dalam proses pemeriksaan. Hal itu disampaikan Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Hero Bachtiar.

“Kami masih berproses. Pada prinsipnya, penyelidik dan penyidik tetap melakukan bertahap sesuai Perkap (Peraturan Kapolri ) Nomor 14 Tahun 2012,” ujar Hero saat ditemui di Polres Metro Bekasi Kota, Jumat (7/7).

Hero mengatakan, sampai saat ini belum ada klarifikasi dari pelapor terkait laporannya ini. Ia juga mengungkapkan, pihaknya telah meminta keterangan dari beberapa ahli.

“Kalau untuk ahli bahasa dari Universitas Jakarta, terus untuk pidananya dari Trisakti dan dari Id-SIRTII,” ungkapnya.

Selain itu, kata Hero, Polres Metro Bekasi Kota juga telah meminta keterangan dari Kemenkominfo. Hasilnya, lanjut Hero, Polres Metro Kota Bekasi akan melakukan gelar perkara.

Dari gelar perkara tersebut, Hero menjelaskan, jika tidak ditemukan unsur pidana dalam video tersebut, pihaknya akan menghentikan proses hukum atas laporan tersebut.

Sebelumnya, Wakil Kepala Polri Komjen Syafruddin mengatakan, laporan yang dilakukan M. Hidayat pada Minggu (2/7) lalu, tidak akan ditindaklanjuti karena tidak ditemukan unsur pidana.

Namun, Polres Metro Bekasi tetap memprosesnya sesuai aturan. Kata Hero, pelapor harus dimintai keterangan terlebih dahulu terkait laporannya ini.

“Sebenarnya (jika) pelapor bersedia dimintai keterangan, kita terbantu. Kalau tidak ditemukan (unsur pidana) akan kita hentikan,” jelas Hero.

Seperti diketahui, M. Hidayat (53) melaporkan Kaesang atas video yang diunggah pada akun YouTubenya. Melalui video tersebut, Kaesang dituduh melakukan ujaran kebencian dan penodaan agama. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.