Sabtu, 26 September 2020

Pengamat: Pemindahan Ibu Kota Hanya Wacana Seperti Esemka

Pengamat: Pemindahan Ibu Kota Hanya Wacana Seperti Esemka

Foto: Rencana pemindahaan ibukota hanya wacana seperti mobil Esemka. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Rencana pemindahan ibukota ke Palangkaraya terus menuai pro kontra. Pengamat Politik dari Perhimpunan Masyarakat Madani (PRIMA) Syaroni malah menyebutkan rencana itu hanya wacana seperti mobil Esemka.

“Saya melihat rencana pemindahan ibu kota hanya wacana saja. Bisa dikatakan ini semacam proyek mobil Esemka dan Deep Tunnel Jakarta yang dulu juga pernah digagas oleh Jokowi, tapi kedua proyek tersebut gagal total,” kata Syaroni seperti dikutip Okezone, Sabtu (8/7).

Menurut Syaroni, selama ini Presiden Jokowi belum ada proyek besar yang diselesaikannya. Adapun proyek-proyek yang diresmikan selama ini adalah proyek yang digagas dan mulai dibangun di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Adapun proyek-proyek yang selama ini dikerjakan oleh Jokowi sifatnya hanya meneruskan saja dari pemerintahan sebelumnya, seperti Tol Jawa misalnya, dimana konsep dan kajiannya sudah dibuat oleh SBY,” jelas Syahroni.

Untuk itu, Syaroni tidak merasa yakin rencana pemindahan ibukota negara Indonesia itu ke luar Pulau Jawa. Alasan lain adalah, rencana pemindahaan itu hanya diumumkan oleh Menteri Bappenas.

“Apalagi proyek pemindahan ibu kota hanya diumumkan oleh selevel menteri Bappenas, yang dalam rekam jejaknya pernah dicopot dari menteri keuangan karena gagal menyehatkan keuangan Indonesia. Sehingga logikanya itu sulit diterima akan mampu melaksanakan proyek sebesar pemindahan ibu kota,” imbuhnya. (*/d)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.