Kamis, 01 Oktober 2020

Agar Tak Tertipu, Pahami Prosedur Beli Tanah yang Benar

Agar Tak Tertipu, Pahami Prosedur Beli Tanah yang Benar

Jakarta, Swamedium.com – Membeli tanah harus lebih berhati-hati dibandingkan jika membeli yang sudah ada bangunannya. Bagi yang tertarik berinvestasi di bidang properti khususnya tanah, ada beberapa hal yang perlu dipastikan sebelum membeli, seperti mengecek legalitas lahannya, apakah free, clean and clear atau bermasalah.

Free artinya bebas sengketa, dimana nama pemilik sesuai dengan yang tertera di sertifikat tanah. Clean, artinya tanah tersebut tidak sedang digunakan untuk kegiatan ekonomi lain atau ditempati oleh orang lain yang tidak berhak.

Sedangkan clear artinya ukuran tanah tersebut tepat, seperti yang tertera di sertifikat, serta cocok batas-batasnya.

Lantas, seperti apa prosedur membeli tanah yang tepat? Simak ulasan yang dilansir dari Rumah.com berikut ini;

1. Cek kondisinya
Langkah awal yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli adalah memastikan kondisinya. Ini berkaitan dengan kontur dan jenis tanahnya, apakah mumpuni untuk nantinya didirikan bangunan.

Ada baiknya membeli tanah yang posisinya tidak miring, kecuali Anda memang menyukai kontur tanah yang seperti ini. Aspek lain yang perlu dicermati adalah air. Cek apakah debit air di area tanah tersebut mudah untuk digali atau tidak.

Lokasi juga harus masuk ke dalam bahan pertimbangan Anda guna menentukan prospek properti tersebut dalam beberapa tahun kedepan. Usahakan membeli tanah di lokasi strategis dan didukung oleh infrastruktur yang memadai.

2. Cek suratnya
Permasalahan seputar keaslian sertifikat tanah yang kerap terjadi, umumnya disebabkan oleh kecerobohan masyarakat sebelum proses transaksi berjalan. Harga murah biasanya memicu pembeli untuk mudah tergiur dan lupa akan hal lain yang lebih krusial.

Sumarni Boer, seorang Notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) kepada Rumah.com mengatakan, kasus yang sering terjadi biasanya menyangkut sertifikat bodong dan duplikasi sertifikat asli.

Pages: 1 2 3

Related posts

1 Comment

  1. tiara

    Betul sekali, banyak kejadian yang tidak menyenangkan dan sangat merugikan pembeli yang bahkan sudah berusaha berhati-hati.

    Reply

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.