Kamis, 01 Oktober 2020

Mengintip 10 Rahasia Kebugaran Nabi Muhammad S.A.W

Mengintip 10 Rahasia Kebugaran Nabi Muhammad S.A.W

Jakarta, Swamedium.com – Sebagai umat Nabi Muhammad S.A.W, tentu kita ingin menjadikan beliau sebagai suri tauladan dalam menjalankan perannya sebagai khalifah Allah di muka bumi. Kali ini, kita ingin meneladani cara beliau dalam menjaga kesehatan dan kebugaran semasa hidupnya.

Menurut beberapa riwayat, Rasulullah hanya sakit dua kali selama hidupnya. Yaitu, saat menerima wahyu pertama, ketika itu beliau mengalami ketakutan yang sangat sehingga menimbulkan demam hebat, dan yang satunya lagi menjelang beliau wafat. Saat itu beliau mengalami sakit yang cukup parah, hingga akhirnya wafat.

Ada pula yang menyebutkan bahwa Rasulullah mengalami sakit lebih dari dua kali termasuk ketika sakit ditenung oleh seorang Yahudi dan diracun oleh seorang wanita Yahudi setelah perang Khaibar. Namun, secara umum, Rasulullah SAW jarang sakit dan selalu fit dalam menjalankan tugas dakwahnya.

Lantas, apa rahasia dibalik kesehatan beliau?

Berikut ini adalah beberapa cara hidup sehat yang selalu beliau jalankan sebagaimana dikutip dari berbagai sumber:

1. Selalu bangun sebelum Subuh
Rasulullah mengajak umatnya bangun sebelum subuh untuk melaksanakan shalat sunnah dan shalat subuh berjamaah. Hikmahnya adalah mendapat limpahan pahala, kesegaran udara subuh yang baik, terutama untuk menyehatkan paru-paru serta menyegarkan pikiran. Asupan oksigen yang masih bebas polusi bisa menyehatkan otak.

Bangun sebelum subuh juga dimanfaatkan Rosul untuk mendekatkan diri kepada Sang Khaliq lewat sholat tahajud, hajat, dan witir, dimana sholat dan doa di seperti malam terakhir termasuk waktu yang mustajabah

2. Menjaga kebersihan
Rasulullah SAW senantiasa tampak bersih dan rapi. Setiap kamis atau jumat, beliau mencukur rambut halus di pipi, memotong kuku, bersiwak, serta memakai minyak wangi . Rosul juga sangat menjaga kebersihan mulut dan gigi melalui sunah Beliau bersiwaq sampai sekarang dianut oleh umatnya

Pages: 1 2 3 4

Related posts

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.