Rabu, 30 September 2020

Hama Celeng Serang Kebun Warga Kebumen

Hama Celeng Serang Kebun Warga Kebumen

Foto: Sekawanan celeng (babi hutan) menyerang kebun milik warga di Kebumen, Jawa Tengah. (Dipo/swamedium)

Kebumen, Swamedium.com — Babi hutan (celeng) menjadi hama yang menakutkan bila sudah menyerang kebun tempat warga bercocok tanam. Pasalnya, celeng dapat menghabiskan tanaman yang siap panen di kebun warga.

Petani di Kecamatan Sadang, Kabupaten Kebumen, Jawa tengah dipusingkan dengan serangan kawanan celeng yang menyerang tanaman mereka. Keberadaan hama celeng tersebut, kerap membuat petani di daerah tersebut mengalami gagal panen.

Warga mengeluh hama celeng ini bukan hanya untuk area pertanian yang berada di pinggiran hutan saja, namun beberapa area pertanian yang berada di dekat perkampungan tak luput dari serangan kawanan celeng ini. Upaya ronda untuk menjaga kebun pun telah ditempuh oleh warga namun hal tersebut belum berjalan efektif.

Warga setempat, Ridwan menduga, kawanan celeng itu datang dari beberapa hutan yang berada di pinggiran desa seperti hutan jati, hutan pinus dan hutan lindung. Dikatakannya, serangan celeng ini rata-rata menyerang hampir seluruh kebun jagung atau kebun palawija milik warga.

“Jumlah populasinya meningkat cepat. Banyak warga yang gagal panen akibatnya,” tuturnya, seperti dikutip sorotkebumen.com, Minggu (9/7) kemarin.

Ridwan berharap, pemerintah dapat turun tangan untuk membantu warga agar tidak terus merugi dengan rusaknya tanaman dan kegagalan panen. Menurutnya, banyak warga di daerah tersebut yang menggantungkan mata pencaharian dari bercocok tanam.

“Saya berharap ada solusi dari pemerintah agar masalah ini segera dituntaskan,” pungkasnya. (dip)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.