Rabu, 30 September 2020

Hasil Gelar Perkara, Polisi Hentikan Penyelidikan Kasus Kaesang

Hasil Gelar Perkara, Polisi Hentikan Penyelidikan Kasus Kaesang

Foto: Mantan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M. Iriawan. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Terkait gelar perkara yang dilakukan Polda Metro Jaya, hari ini Senin (10/7) terhadap kasus dugaan ujaran kebencian dan penodaan agama yang dilakukan oleh putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep.

Pihak kepolisian menyatakan tidak ada tindak pidana terhadap kasus yang melibatkan anak presiden ke 7 tersebut.

Kapolda Metro Jaya, Irjen M Iriawan menjelaskan, bahwa ada fase fase yang mesti dilakukan kepolisian dalam melakukan pemeriksaan terhadap kaesang. Namun seperti yang disampaikan diawal bahwa memang dalam kasus ini tidak terdapat unsur penodaan agama atau ujaran kebencian.

“Dari awal kami memang sudah menyampaikan, sesuai pak Kapolri, bahwa tak ada pidananya. Tapi kan kami mesti ada mekanismenya. Betul itu pak Wakapolri, karena beliau juga lama di Kepolisian, berpuluh-puluh tahun ya pasti mengerti juga apa yang disampaikan, penodaan, penistaan agama atau hate speech dan lain sebagainya. beliau menyampaikan bahwa ujungnya seperti yang disampaikan beliau (dihentikan). Tapi ada prosesnya,” ujarnya kepada wartawan di Monas.

Iriawan mengungkapkan, Jadi untuk kasus video ‘Ndeso’ yang diunggah kaesang di youtube dihentikan penyelidikanya oleh pihak kepolisian.

“Kapolres (Bekasi) menyampaikan demikian. Kan harus ada mekanisme gelar perkara ya. Jadi rencananya akan dihentikan penyelidikannya, bukan penyidikan ya. Penyelidikan itu bisa ditingkatkan ke penyidikan kalau dirasa ada bukti permulaan yang cukupm” pungkasnya. (Yog)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.