Selasa, 27 Juli 2021

Ingin Pasang CCTV di Rumah, Perhatikan Tiga Hal Ini

Ingin Pasang CCTV di Rumah, Perhatikan Tiga Hal Ini

Jakarta, Swamedium.com – Memasang kamera CCTV (closed circuit television) di rumah sudah menjadi kebutuhan hunian modern dewasa ini. Penjaga rumah saat ini tidak cukup hanya satpam, tetapi perlu ditambah lagi dengan memasang CCTV yang harganya saat ini sudah semakin murah.

Banner Iklan Swamedium

Banyak alasan untuk menggunakan CCTV di rumah. Mulai dari menjaga keamanan hingga mengawasi tindak-tanduk penghuni rumah. Penggunaaan CCTV di rumah sudah dianggap biasa. Bagi Anda yang sibuk atau waktunya banyak habis di tempat kerja, menggunakan CCTV sangat membantu untuk mengawasi keamanan di rumah.

CCTV bisa berguna untuk banyak hal. Mulai dari hal sepele seperti mencari barang yang terakhir kali digunakan, mengidentifikasi orang asing yang memasuki rumah, hingga mengawasi perilaku asisten rumah tangga atau baby sitter.

Beberapa ibu yang berkarir menggunakan CCTV untuk mengawasi asisten rumah tangga atau baby sitter yang merawat bayi, sehingga bisa bekerja lebih tenang. Namun, sebelum memasang CCTV di rumah, ada baiknya memperhatikan panduan dari Rumah.com berikut.

Memilih sesuai kebutuhan

Anda harus menyesuaikan jenis CCTV dengan bujet. Ada CCTV memberikan sudut pandang yang luas dan rekaman lebih jernih. Tentu saja, harganya lebih mahal. Jika ruangan di rumah atau area yang ingin diawasi cukup luas, memasang satu CCTV dengan sudut pandang yang luas terkadang lebih hemat ketimbang memasang dua CCTV dengan sudut pandang sempit, meski harga satuannya lebih murah.

Perhatikan pula lokasi pemasangannya. Ada CCTV yang tahan cuaca, termasuk panas matahari dan hujan, ada yang tidak. Ada pula CCTV yang dilengkapi kamera infra merah, sehingga tetap bisa menghasilkan gambar meski dalam keadaan tanpa cahaya.

Jika Anda hanya perlu CCTV untuk di dalam rumah, bebas air hujan, dan areanya selalu terang, Anda tak perlu fitur tambahan seperti tahan cuaca dan infra merah.

Posisi CCTV

Pastikan CCTV dapat melingkupi seluruh ruangan di rumah kita. Sementara untuk CCTV yang ditempatkan di luar, harus dapat melihat bagian luar rumah seperti halaman, teras, dan halaman samping dengan jelas. Jika memungkinkan, letakkan CCTV secara tersembunyi, sehingga tidak akan diubah-ubah pelaku kriminal yang ingin melakukan tindakan kejahatan.

Memasang CCTV

Jika Anda memang belum berpengalaman, Ada baiknya menggunakan jasa pemasangan CCTV. Install pula aplikasi yang memudahkan Anda untuk ikut memantau hasil rekaman CCTV melalui smartphone. Gunanya agar Anda dapat mengakses kondisi keamanan di rumah Anda setiap saat meski Anda tengah berada di luar kota.

CCTV jangan hanya digunakan untuk memastikan kondisi barang di dalam rumah, tapi juga kondisi anak Anda. Pasang CCTV di dalam kamar anak untuk memastikan dia tidur dengan aman.
Merawat CCTV

Jaga kebersihan lensa kamera CCTV, digital video recorder (DVR), monitor, dan segala hal yang berhubungan dengan CCTV. Jika dibiarkan berdebu, tentunya akan menjadi penghambat utama sistem kerjanya, misalnya gambar menjadi buram, bahkan CCTV menjadi cepat rusak.

Untuk meningkatkan keamanan CCTV, pengembang perumahan saat ini mulai mengadopsi sistem cluster, di mana komplek perumahan dibuat satu pintu sehingga siapapun yang keluar masuk mudah dikenali satpam. Meski sudah sistem cluster, banyak perumahan yang masih memasang CCTV di clusternya. (*/maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita