Kamis, 24 September 2020

Yusril: Secara Konstitusi, Keberadaan Pansus Angket KPK adalah Sah

Yusril: Secara Konstitusi, Keberadaan Pansus Angket KPK adalah Sah

Foto: Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra menghadiri Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan DPR. (Joko/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Memenuhi panggilan dari Pansus Hak Angket KPK DPR RI, pakar hukum dan administrasi tata negara Prof Yusril Ihza Mahendra dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU), pada Senin (10/7), di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta mengatakan bahwa secara konstitusi, pansus hak angket adalah sah.

Ia yang menjadi narasumber dalam RDPU itu menegaskan, posisinya tidak lain hanyalah membeberkan pendapat pribadinya, dari hasil analisa dalam perspektif ilmu hukum tata negara.

“KPK dibentuk melalui proses Undang Undang, maka dari itu DPR dirasa perlu mengawasi pelaksanaan tugas tugas KPK, sama halnya dengan pembentukan pansus ini,” tutur Prof Yusril, di Gedung Nusantara V, Ruang KK 1 DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (10/7).

Lebih lanjut ia juga mengungkapkan pendapatnya bahwa KPK saat ini seperti Kopkamtib pada era Presiden Soeharto.

“Kita sebut lembaga ini seperti lembaga ekstraordinary dan perlu penanganan ekstra, seperti dalam merevisi RUU nya, karena cara caranya menindak dan memberantas sudah termasuk kategori over lap,” tutup Prof Yusril. (Jok)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.