Jumat, 18 September 2020

Gempa Tektonik 5,2 SR Goncang Samosir

Gempa Tektonik 5,2 SR Goncang Samosir

Foto: Gempa tektonik dengan kekuatan 5,2 SR mengguncang Kabupaten Samosir, Sumut, Selasa (11/7) pagi. Tidak ada kerusakan dari gempa ini. (Ist)

Medan, Swamedium.com — Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,2 skala richter, Selasa (11/7) pagi pukul 08.24 WIB menggoncang kawasan Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Tidak ada kerusakan dan korban dalam gempa ini.

Info dari BMKG menyebutkan pusat gempa berada di darat pada jarak 8 Kilometer arah Timu Laut Samosir dengan kedalama 152 Km dan berada pada koordinat 2,67 derajat lintang utara dan 98,85 derajat bujur timur.

Kabid Data dan Informasi BMKH Wilayah 1 Medan Syahnan di Medan, seperti dikutip antaranews, mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut disebabkan aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia dengan hiposenter 152 KM.

“Karena hiposenternya berada di kedalaman 152 KM, gempa tersebut disebut sebagai gempa bumi menengah yang tidak berpotensi menimbulkan kerusakan,” katanya.

Dampak gempa bumi yang didasarkan pada peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG menunjukkan bahwa wilayah berpotensi terdampak goyangan lemah antara lain di Pematang Siantar, Parapat, Medan, Sidikalang, dan Sibolga pada skala intensitas I SIG-BMKG atau II MMI. (*/d)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.