Selasa, 29 September 2020

Tips Jaga Kesehatan Mata dari Layar Gadget

Tips Jaga Kesehatan Mata dari Layar Gadget

Jakarta, Swamedium.com – Saat ini, masyarakat baik di kota maupun di pedesaan, tua muda, bahkan anak-anak sudah terbiasa menggunakan gadget. Manusia modern di era ini sudah bergantung pada telepon genggam atau gadget. Tiada hari tanpa gadget.

Gadget sudah menjadi bagian hidup yang tak terpisahkan. Orang betah berlama-lama menatap layar monitor telepon genggam daripada berinteraksi langsung dengan lingkungan di sekitarnya. Tentu saja, terlalu lama menatap layar gadget dari segi kesehatan mata kurang baik. Sebab, alat komunikasi ini memiliki radiasi.

Biasanya orang yang terlalu lama melihat gadget, matanya akan memerah, berair, bahkan terasa perih. Sebab itu, bagi penggemar gadget harus memperhatikan cara menjaga kesehatan mata sebagaimana yang dipaparkan laman pengensehat.com berikut ini;

Atur jarak pandang

Dalam melihat gadget sebaiknya tidak terlalu dekat. Atur jarak pandang yang pas, sesuai besar kecilnya layar monitornya. Jarak pandang yang terlalu dekat akan membuat mata cepat lelah.

Selain itu, usahakan setiap 1-2 jam sekali, mata bisa berkedip agar mata tidak kering dan terasa segar kembali. Kemudian, upayakan mata melihat pemandangan yang segar seperti taman atau pemandangan alam lainnya agar mata rileks kembali.

Menata pencahayaan

Gadget masa kini sudah memiliki fitur yang bisa mengatur pencahayaan. Pilihlah pengaturan cahaya yang jelas, jangan gelap. Sebab cahaya yang kurang membuat syaraf mata harus bekerja lebih keras lagi agar bisa melihat dengan jelas.

Sebaiknya, atur cahaya layar sedikit lebih gelap dari cahaya ruangan agar tidak silau di mata. Cahaya yang menyilaukan membuat mata cepat lelah dan tidak nyaman.

Atur layar hp

Posisi layar yang baik adalah berada 5 inchi dibawah kelopak mata Anda. Ini akan membuat mata tidak cepat lelah karena kelopak mata sedikit menutup.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.