Rabu, 30 September 2020

Hati-hati, Telur Mentah Tidak Aman Dikonsumsi

Hati-hati, Telur Mentah Tidak Aman Dikonsumsi

Foto: Konsumsi telur mentah ternyata tidak baik bagi tubuh. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Selama ini sudah muncul pendapat, mengonsumsi telur mentah baik untuk tubuh, bisa meningkatkan kadar protein dalam tubuh. Tapi betulkah telur mentah baik untuk kesehatan?

Dari penelitian, ternyata telur mentah tidak aman dikonsumsi. Penelitian International Journal of Food Sciences and Nutrition tahun 2004 menguak bahwa manusia justru menyerap protein lebih banyak dari telur yang sudah matang. Dalam keadaan mentah, protein yang bisa diserap dalam tubuh hanya sebesar 50%. Sementara kalau telur sudah matang, protein yang diserap tubuh bisa mencapai 90%.

Penemuan yang serupa juga dibuktikan oleh American Institute of Nutrition dalam The Journal of Nutrition. Jadi, meskipun telur adalah sumber protein yang kaya, memasaknya sampai matang adalah cara terbaik untuk mendapatkan protein yang maksimal.

Putih telur mentah mengganggu penyerapan biotin

Biotin juga dikenal sebagai vitamin B7 yang larut dalam air. Vitamin ini diperlukan oleh tubuh dalam proses metabolisme dan pencernaan gula dalam darah. Bagi ibu hamil, vitamin ini penting untuk pertumbuhan janin. Biotin paling banyak ditemukan dalam kuning telur.

Sayangnya, putih telur mentah bisa mengganggu penyerapan biotin dalam tubuh. Putih telur mengandung protein bernama avidin yang akan memerangkap biotin. Akibatnya, tubuh Anda tak bisa mencerna dan mengurai vitamin ini dengan baik. Avidin hanya akan hancur ketika dipanaskan, yaitu ketika telur dimasak. Jadi kalau Anda makan telur mentah, Anda tak akan mendapat asupan biotin.

Resiko tertular infeksi bakteri salmonella

Risiko terbesar makan telur mentah adalah terinfeksi bakteri salmonella. Bakteri yang tinggal dalam berbagai produk hewani seperti susu, telur, dan daging ini bisa menyerang tubuh manusia dan menyebabkan infeksi.

Bakteri ini menempel pada cangkang telur serta hidup di dalam telur mentah. Makan telur mentah adalah salah satu penyebab terbanyak infeksi bakteri salmonella.

Bakteri tersebut tak hanya ada di cangkang telur, tapi juga di dalam telur. Mengonsumsi telur yang terkontaminasi bisa menyebabkan keracunan makanan. Infeksi semacam itu bisa mengancam bayi dan anak, perempuan hamil, manusia lanjut usia (manula), serta orang yang sistem imunitasnya lemah.

Pengidap kencing manis (diabetes), terjangkit virus merapuhnya kekebalan tubuh (human immuno-deficiency virus/HIV) dan tumor ganas adalah sebagian orang yang tidak boleh makan telur mentah.

Akan tetapi, salmonella tidak tahan panas sehingga kalau dimasak sampai matang, bakteri ini akan mati.

Jadi bagi anda yang suka konsumsi telur mentah, berpikirlah kembali melanjutkan kebiasaan itu. (berbagai sumber/d)

Foto: Konsumsi telur mentah ternyata tidak baik bagi tubuh. (ist)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.