Kamis, 24 September 2020

Soal Status HTI, Ini Jawaban Wiranto

Soal Status HTI, Ini Jawaban Wiranto

Foto: Salah satu aksi unjuk rasa HTI. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Pemerintah hari ini telah resmi menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 yang mengatur tentang pembubaran organisasi kemasyarakatan (ormas).

Tentang status Hizbut Thahrir Indo‎nesia (HTI), pemerintah mengaku masih akan meminta laporan sejumlah pihak sebelum mengambil tindakan terhadap ormas. Adapun laporan itu terkait aktivitas yang dilakukan beberapa ormas termasuk HTI.

“Sederhana sekali, tapi memang harus tetap mengacu pada payung hukum‎,” ujar Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (12/7).

Wiranto menegaskan, mengenai ormas yang dimaksud dalam Perppu akan diselidiki oleh lembaga yang berwenang mengeluarkan izin ormas.

“Yang mengeluarkan nanti di Kementerian Hukum dan HAM dan sebagian nanti di yayasan di Kementerian Dalam Negeri. Tunggu sabar saja,” ucapnya.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu pemerintah mengeluarkan pernyataan bahwa HTI sebagai ormas akan dibubarkan karena aktivitasnya dianggap bertentangan dengan Pancasila. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.