Selasa, 29 September 2020

Tak Hanya Nikmat, Kopi Arang Juga Punya Manfaat Kesehatan

Tak Hanya Nikmat, Kopi Arang Juga Punya Manfaat Kesehatan

Jakarta, Swamedium – Sudah menjadi rahasia umum, kalau Yogyakarta memiliki minuman khas yang sangat populer, yaitu Kopi Arang atau dikenal sebagai Kopi Joss. Kopi Arang ini biasa dijual di angkringan, yang salah satunya berlokasi di dekat Stasiun Tugu.

Penambahan arang panas pada larutan kopi tubruk (bukan instan) itu bertujuan agar cita rasa dan aroma kopi menjadi lebih mantap. Meski terkesan sedikit aneh, bahkan mungkin jorok, arang membuat kopi terasa lebih nikmat. Tak heran, jika Kopi Arang ini menjadi minuman favorit bagi warga Kota Gudeg dan wisatawan.

Biasanya, penjual kopi menggunakan arang yang berasal dari kayu jati, batok kelapa dan kayu asem karena aroma kayunya dipercaya membuat rasa kopi lebih enak. Selain enak, ternyata Kopi Joss ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Arang atau karbon aktif telah dikenal ampuh jadi obat alami antitoksin. Di negara maju seperti Amerika Serikat, arang diracik demikian rupa untuk jadi bahan utama pembuatan obat anti toksin berbentuk suspensi tablet kunyah, cairan, pil serta bubuk.

Kent Olson, direktur medis di San Francisco Poison Control Sistem serta profesor klinis di Kampus California, San Francisco mengungkapkan bahwa arang aktif sudah sejak dahulu kala dipakai untuk menangani problem pencernaan.

Arang juga memiliki kandungan zat sorbitol. Satu zat pencahar perut dengan sistem menyerap toksin secara alami serta membuangnya dengan alami juga dari saluran pencernaan. Arang juga bermanfaat menyembuhkan penyakit gastritis (asam lambung), diare, perut kembung, masuk angin serta panas dalam.

Bahkan, jika arang digabung dalam kopi dapat mengikat kandungan kafein berlebihan yang ada di dalam kopi. Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, Kopi Arang memiliki khasiat berikut ini;

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.