Senin, 14 September 2020

Draft Perppu Ormas Telah Diterima DPR

Draft Perppu Ormas Telah Diterima DPR

Foto: Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — DPR dipastikan telah menerima draf Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang perubahan UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (ormas) yang diajukan pemerintah.

Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan, surat pengantar perppu dari pemerintah akan dibacakan dalam rapat paripurna. Selanjutnya, perppu itu akan diproses dalam jangka waktu satu kali masa sidang.

“Sudah masuk ke DPR. DPR akan memproses sesuai peraturan perundangan undangan,” ujar Agus di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (13/7).

Meski Perppu merupakan diskresi pemerintah, namun penerapan Perppu baru bisa dilakukan setelah mendapat persetujuan dari DPR.

Namun, lanjut Agus, sejak diterbitkannya Perppu Nomor 2 tahun 2017 maka UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas sudah tidak berlaku.

“Apakah akan berlaku terus atau tidak tentunya tergantung persetujuan dewan. Kalau disetujui DPR, Perppu itu langsung jadi UU. Kalau tidak disetujui UU kembali ke UU 17 Tahun 2013,” pungkasnya. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.