Sabtu, 26 September 2020

Presiden Jokowi dan Jurus Bingung

Presiden Jokowi dan Jurus Bingung

Oleh: Pradipa Yoedhanegara*

Jakarta, Swamedium.com — Sekedar ingin mengingatkan kembali memori bangsa ini, detik-detik menjelang akan diumumkannya Kabinet Kerja oleh Presiden Jokowi, ada sebuah statement politik yang keluar dari mulut yang mulia tuan presiden, kalau para menteri yang diangkat “tidak ada yang punya program”, dan semuanya “para menteri menjalankan program serta janji kampanye presiden”.

Sebagai seorang presiden tampaknya yang mulia tuan presiden paham betul makna dan arti statement tersebut diatas dan sangat mengerti kwalitas para menteri yang akan diangkatnya diawal masa jabatannya dan para menteri seharusnya juga mengerti arah kebijakan yang akan diambil oleh sang presiden.

Sudah hampir tiga tahun kabinet kerja berjalan untuk menjalankan seluruh program kerja yang mulia presiden dan sudah beberapa kali juga terjadi pergantian kabinet di jajaran para menteri yang dianggap kurang atau tidak pas dalam menjalankan titah paduka.

Namun seiring perjalanan waktu tampaknya presiden jokowi tidak puas dengan kinerja para pembantunya, yang pada akhirnya terjadilah bongkar pasang kabinet yang seharusnya tidak perlu terjadi, apabila para menteri yang dipanggil oleh tuan presiden datang dengan membawa proposal mengenai program kerja untuk mengembangkan masing-masing kementrian tersebut.

Namun apa daya, karena para menteri yang pada akhirnya dilantik hanya diberi mandat untuk mengakomodir kepentingan tim sukses dan partai politik pendukung presiden yang datang tanpa membawa program kerja kementrian, karena hanya fokus untuk bekerja atas dasar memenuhi janji-janji politik revolusi mental dan retorika yang tidak masuk akal sang tuan presiden.

Ada puluhan, bahkan ratusan janji kampanye tuan presiden yang seingat saya baru hari santri yang dapat direalisasikan, namun selebihnya saya tidak yakin dan tidak mengerti kapan janji-janji lainnya itu dapat di realisasikan oleh yang mulia dan para pembantunya tersebut.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.