Selasa, 29 September 2020

Tito Pensiun Dini, Jokowi Bakal Gandeng Jadi Cawapres di 2019?

Tito Pensiun Dini, Jokowi Bakal Gandeng Jadi Cawapres di 2019?

Foto: Presiden Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Bukan tidak mungkin Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menggandeng Kapolri Jenderal Tito Karnavian pada Pilpres 2019. Pasalnya, Tito sudah mengisyaratkan dirinya akan pensiun dini.

Hal ini diutarakan Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komaruddin. Ia menilai, kemungkinan pasangan seperti itu bisa saja terjadi dalam pilpres 2019. Terlebih lagi, lanjut Ujang, Tito yang harusnya pensiun pada 2020, sudah mengisyaratkan dirinya akan pensiun dini dari korps Bhayangkara.

“Jadi kemungkinan besar Tito sedang dipersiapkan oleh Jokowi untuk menjadi calon wakil presiden pada Pilpres 2019,” ujar Ujang seperti dikutip Kumparan, Kamis (13/7).

Menurut Ujang, Tito juga dinilai beberapa pihak sebagai tokoh yang cukup baik menjaga stabilitas keamanan. Selain itu, kata Ujang, Tito memiliki karir yang bagus sejak di Akademisi Polisi.

Fakta lain, menurut Ujang, Tito adalah putra Sumatra. Tito lahir dan besar di Palembang, Sumatera Selatan. Ia menilai faktor kesukuan dalam perpolitikan di Indonesia khususnya Pilpres masih menjadi pertimbangan pemilih.

“Jawa dan luar Jawa merupakan isu politik yang sangat seksi, karena komposisi Jawa dan luar Jawa merupakan komposisi pasangan yang ideal,” tuturnya. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.