Rabu, 28 Juli 2021

Lima Tindakan Pertolongan Dini Saat Alami Serangan Jantung

Lima Tindakan Pertolongan Dini Saat Alami Serangan Jantung

Jakarta, Swamedium.com – Statistik menunjukkan bahwa 80% kematian akibat serangan jantung terjadi saat penderita sedang sendirian. Sebenarnya penyakit jantung bukan datang tiba-tiba. Gejala serangan jantung biasanya sudah muncul satu bulan sebelumnya, namun sayang banyak yang mengabaikannya karena dianggap gangguan biasa.

Banner Iklan Swamedium

Sebagaimana diinfokan oleh pengin sehat.com, ada tiga jenis gangguan jantung yang paling umum dialami orang, yakni Pertama, Cardiac arrest (jantung berhenti mendadak). Jantung tiba-tiba berhenti memompa darah akibat aliran listrik jantung tidak bekerja sebagaimana mestinya. Serangan ini datang tiba-tiba dan tanpa gejala awal yang mendahuluinya.

Kedua, Cardiac Arrhythmia (degup jantung tidak beraturan). Ini disebabkan masalah listrik dalam jantung yang tidak bekerja dengan baik, sehingga menyebabkan detak jantung tidak beraturan, kadang sangat cepat dan bisa juga sangat lambat.

Ketiga, serangan jantung. Ini terjadi akibat aliran darah ke jantung tidak lancar yang dipicu oleh menumpuknya lemak dan kolesterol hingga menutupi pembuluh. Kondisi ini menyebabkan sakit luar biasa pada dada penderita yang menyebar hingga ke lengan dan rahang penderita. Dibutuhkan tindakan medis untuk menghancurkan plak yang menyumbat pembuluh darah.

Setelah memahami jenis gangguan jantung, lantas bagaimana cara mengatasi serangan jantung jika sedang sendirian? Informasi ini sangat penting sebab saat mengalami serangan jantung, penderita berkejaran dengan waktu. Terlambat sedikit saja,penderita bisa kehilangan kesadaran, bahkan meninggal dunia.

Jika Anda memiliki risiko penyakit jantung, maka pahami tanda-tanda serangan jantung, seperti dada terasa sesak dan sakit yang menjalar sampai lengan dan rahang yang diikuti dengan napas pendek dan disertai dengan perasaan gelisah.

Jika anda mengalami hal itu, waspadalah. Segera hentikan semua aktivitas dan buatlah tubuh rileks dan nyaman agar membantu aliran darah normal kembali. Kemudian, segera periksa ke dokter terdekat agar mendapatkan pertolongan lebih lanjut sesegera mungkin.

Sambil menunggu bantuan datang, minumlah obat Aspirin 300 mg untuk mengencerkan darah. Aspirin dapat memecah sumbatan pada pembuluh darah dan memberi waktu pada tubuh untuk menghancurkan sumbatan tersebut.

Berikut ini lima tindakan pertolongan dini yang perlu dilakukan bila mendapatkan serangan jantung tiba-tiba.

1. Jangan panik
2. Mulailah batuk sekuat tenaga
3. Ambil napas dalam-dalam dan mulai lakukan batuk yang kuat setiap 2 detik. Lakukan terus menerus batuk yang dalam dan panjang.
4. Berikan tekanan pada jantung dengan menekan untuk membantu mengembalikan irama jantung yang normal.
5. Cobalah minta bantuan orang terdekat untuk segera membawanya ke rumah sakit/dokter terdekat.

Penyakit jantung adalah penyakit gaya hidup yang bisa dicegah dengan memperbaiki pola hidup dan pola makan. Berhentilah merokok dan minum alkohol serta berolah raga. Semoga bermanfaat. (maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita