Jumat, 25 September 2020

Daya Beli Lemah, Salah Satu Penyebab Sevel Tutup

Daya Beli Lemah, Salah Satu Penyebab Sevel Tutup

Jakarta, Swamedium.com – PT Modern Internasional (PT MI) induk dari PT Modern SeveI Indonesia (MSI) mengakui salah satu penyebab gerai 7-Eleven tutup adalah daya beli masyarakat yang melemah sejak tahun 2015. Akibat perekonomian lesu, bisnis 7-Eleven mengalami kerugian yang signifikan dan terus menerus menggerus modal kerja Perseroan.

Komisaris PT Modern Internasional, Donny Sutanto menjelaskan, manajemen menyadari penghentian kegiatan operasionai 7-EIeven yang telah herdiri sejak tahun 2009 di Indonesia ini disebabkan oIeh banyak faktor, baik faktor internal maupun eksternal.

“Untuk saat ini penghentian operasional bisnis 7-EIeven merupakan pilihan terbaik bagi Perseroan karena bisnis 7-Eleven mengalami kerugian yang signifikan dan terus menerus menggerus modal kerja Perseroan,” ujar Donny Sutanto yang dikutip republika.co.id, Jumat (14/7).

Manajemen menyadari bahwa keputusan ini merupakan salah satu risiko bisnis yang harus dihadapi Perseroan. Di samping itu, Perseroan juga mendapatkan pembelajaran bahwa ekspansi gerai 7-Eleven dilakukan terlalu cepat di awal, di mana sebagian besar kebutuhan ekspansi tersebut dibiayai oleh pinjaman.

Akibatnya, kewajiban pembayaran bunga dan pokok pinjaman yang signifikan telah menggangu modal kerja yang dapat digunakan untuk operasi bisnis 7-Eleven.

“Ditambah lagi dengan daya beli masyarakat yang melemah sejak tahun 2015 dan terus berkelanjutan di tahun 2016 dan awal 2017, serta penumbuhan bisnis ritel yang melambat juga menjadi salah satu kendala dalam pengembangan bisnis 7-Eleven,” jelasnya.

Hal ini semakin diperparah dengan larangan penjualan minuman beralkohol (minol) di gerai-gerai minimarket yang efektif mulai April 2015. Pelarangan penjualan minol juga mempengaruhi penjualan snack dan confectionary sehingga penurunan penjualan sangat terasa. Selain itu penjualan bisnis ritel, khususnya convenience store semakin lama semakin tinggi dan ketat dengan banyaknya pemain baru yang masuk.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.