Rabu, 30 September 2020

Penyelesaian Sertifikat Tanah Masih Jadi Pekerjaan Besar Pemerintah

Penyelesaian Sertifikat Tanah Masih Jadi Pekerjaan Besar Pemerintah

Jakarta, Swamedium – Reformasi agraria, salah satu program dari Pemerintahan Jokowi diantaranya terkait soal legalisasi aset. Perkembangan saat ini, dari 126 juta bidang tanah di seluruh wilayah Indonesia, baru 46% yang sudah bersertifikat. Ini menjadi pekerjaan besar dari pemerintah yang harus dituntaskannya.

Masih banyak warga yang belum memiliki sertifikat atas tanah yang dimilikinya. Bahkan, di Kalimantan Timur (Kaltim) dari 2,7 juta bidang tanah, baru 900 ribu atau 33% yang sudah bersertifikat atau masih ada 1,8 juta bidang tanah yang harus disertifikatkan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan ini adalah pekerjaan besar untuk diselesaikan agar rakyat semuanya dapat memiliki sertifikat atas tanah, yang merupakan bukti hak hukum atas tanahnya.

“Ini pekerjaan pagi, siang, malam yang terus kita kerjakan,” kata Presiden Jokowi saat menyerahkan 1.535 Sertifikat Hak Atas Tanah kepada warga Kalimantan Timur, di Balikpapan International Convention Center, Balikpapan, Kaltim, Kamis (13/7) siang.

Presiden menegaskan, bahwa dirinya akan terus memantau dan mengejar pembagian sertifikat ini agar semua masyarakat memiliki sertifikat tanah. Untuk itu, dia meminta kepada masyarakat yang hadir agar memberitahu mereka yang belum memiliki sertifikat tanah untuk mengurus sertifikat tersebut.

“Kita harapkan dengan semuanya nanti pegang sertifikat, sengketa-sengketa tanah itu sudah tidak ada lagi. Karena seluruh rakyat sudah memegang tanda bukti hak hukum atas tanah yaitu berupa sertifikat,” ujar Presiden.

Presiden berjanji akan terus memantau apa yang sudah ditargetkannya, yaitu tahun 2017 ini di seluruh Indonesia akan dibagi minimal 5 juta sertifikat. Tahun 2018 sebanyak 7 juta sertifikat, tahun 2019 sebanyak 9 juta sertifikat dan jumlahnya terus naik di tahun depannya agar dari 126 juta tanah tersebut, sertifikatnya benar-benar dipegang oleh rakyat.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.