Kamis, 24 September 2020

7-Eleven Tawarkan Eks Karyawannnya ke ‘Minimarket’ Lain

7-Eleven Tawarkan Eks Karyawannnya ke ‘Minimarket’ Lain

Jakarta, Swamedium.com – Pemilik gerai 7-Eleven, PT Modern Sevel Indonesia (MSI) menawarkan pekerjaan untuk karyawan 7-Eleven ke peritel modern lainnya. Adapun, total karyawan yang terkena dampak penutupan operasional gerai 7-Eleven, yaitu 1.200 – 1.300 orang.

Direktur Operasional MSI Ivan Budiman mengatakan, hingga saat ini, sudah ada sekitar 300 karyawan yang masuk dalam proses peralihan ke minimarket lain. “Pegawai juga sudah kami tawarkan ke minimarket lain,” ujarnya , Jumat (14/7).

Namun, proses penerimaan mantan karyawan 7-Eleven diputuskan oleh minimarket terkait dan Modern Sevel tidak memiliki wewenang untuk menentukan.

Terkait kewajibannya berupa pesangon dan Tunjangan Hari Raya (THR), manajemen Modern Sevel berjanji akan memenuhi sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Karyawan (pesangon dan THR) diselesaikan sesuai Undang-Undang (UU) yang ada. Total berdasarkan masa kerja karyawan yang disesuaikan dengan peraturan yang ada,” ucap dia.

Saat ini, perusahaan mengaku belum dapat menyebut jumlah pesangon yang akan diberikan kepada karyawan 7-Eleven. Menurut Ivan, manajemen masih menghitung.

Seperti diketahui, total gerai yang dimiliki perusahaan pada akhir tahun lalu sebanyak 161. Jumlah itu merosot dari sebelumnya yang berjumlah 188 gerai.

Kerugian pada bisnis 7-Eleven menjadi faktor ditutupnya bisnis tersebut oleh perusahaan. Padahal, kontrak waralaba 7-Eleven yang dimiliki Modern Sevel masih berlaku sampai 2028 mendatang.

Seluruh biaya waralaba 7-Eleven telah dibayar lunas Modern Sevel sejak 2008 lalu sebesar US$1,5 juta. Namun, dengan keputusan yang diambil perusahaan, maka perjanjian kontrak dengan 7-Eleven Inc secara otomatis usai.

“Dengan penutupan gerai, ya jelas sudah tidak bisa meneruskan,” kata Komisaris Modern Internasional, Donny Sutanto. (maida)
Sumber: cnnindonesia.com

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.