Rabu, 30 September 2020

Tiga Pelaku Pencemaran Sungai di Surabaya Ditangkap Polisi

Tiga Pelaku Pencemaran Sungai di Surabaya Ditangkap Polisi

Foto: Empat buah kontener yang memuat limbah B3 diamankan Polrestabes Surabaya. (Ari/swamedium)

Surabaya, Swamedium.com — Tiga pelaku pembuangan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dibekuk Unit Tipiter Satreskrim Polrestabes Surabaya di daerah saluran Romo Kalisari sungai Surabaya. Tiga pelaku tersebut bernama Faizi (41) warga Gresik, Soni Eko Cahyono (39) warga Krembangan Surabaya dan Hadi (49) warga Gresik.

”Yang menerima order pembuangan limbah B3 ini adalah tersangka Faizi. Dia mengajak tersangka Soni dan Hadi untuk membuang limbah tersebut,” jelas Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Shinto Silitonga ditemui di depo Terminal Teluk Lamong, Jumat (14/7).

Dikatakan oleh Shinto, dari pengakuan Faizi, dirinya mendapat perintah dari Sahat Rafelino, warga Perumahan Bumi Citra Fajar, Sidoarjo melalui PT Pasadena Solusindo Sakarto yang beralamat di Jalan Anggrek Raya Tama Alamanda, Bekasi.

”Yang kami selidiki ini nama Sahat Rafelino ini ada apa tidak karena kami cek dengan alamat yang ada tak ada nama tersebut,” sambungnya.

Shinto mengatakan dari penyidikan awal diketahui kalau limbah B3 tersebut diimport oleh importir Sahat tersebut dari Korsel.

”Modusnya limbah itu disimpan di tandon plastik dengan berat 20 ton dan disimpan di 4 kontainer. 1 sudah dibuang dan 3 lagi masih utuh,” jelasnya.

Sementara itu dalam penangkapan tersebut diamankan barang bukti antara lain1 unit truk Isuzu Giga L-9166-UP,1 unit mobil Honda Mobilio W-1341-BX ,1 unit kontainer yg sdh kosong pasca dumping limbah, 3 unit kontainer yg masih isi limbah ukuruan 20 feet, uang tunai Rp1,1 jt ,3 unit hp,1 botol sampling limbah cair yg diambil dari aspal tkp, 1 plastik pasir terkontaminasi limbah yg diambil dari TKP.

Sedangkan untuk pasal yang dijeratkan untuk para tersangka yaitu pasal 104 dan atau pasal 107 UU No 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup dengan sanksi pidana 3 tahun penjara dan denda Rp 3 M. (Ari)

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.