Kamis, 24 September 2020

Ini Solusi Bila Pengembang dan Konsumen Bersengketa

Ini Solusi Bila Pengembang dan Konsumen Bersengketa

Jakarta, Swamedium.com – Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai pengembang nakal, terkait beberapa laporan masyarakat ke Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen. Bila ini terjadi, ada dua cara penyelesaian, yaitu melalui jalur hukum perdata dan pidana.

Perselisihan atau sengketa antara pengembang dengan konsumen meningkat. Masyarakat perlu mewaspadai praktik penipuan dalam membeli rumah yang dilakukan pengembang sebab pengembang yang tidak bertanggungjawab kerap merugikan konsumen, seperti menolak menyerahkan AJB, sertifikat hingga pembangunan yang tidak sesuai janji.

Apersi mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai pengembang nakal tersebut. Konsultan Hukum, Reza Krisna Adi Praya, mengatakan sejatinya hanya ada dua cara untuk menyelesaikan kasus seperti ini. Jalur hukum perdata dan pidana.

“Jika konsumen menginginkan uangnya kembali (kemungkinan tidak 100 persen), maka jalur perdata bisa dilakukan. Langkahnya, terlebih dulu konsumen memberi somasi kepada pengembang, lalu mengajukan kasus ini ke Pengadilan Negeri setempat,” jelasnya seperti dikutip dari Rumah.com.

Somasi merupakan peringatan atau teguran agar debitur berprestasi pada suatu saat yang ditentukan dalam surat somasi. Somasi juga diatur dalam Pasal 1238 KUHPer yang menyatakan:

“Si berutang adalah lalai, apabila ia dengan surat perintah atau dengan sebuah akta sejenis itu telah dinyatakan lalai, atau demi perikatannya sendiri. Jika ini menetapkan, bahwa si berutang harus dianggap lalai dengan lewatnya waktu yang ditentukan,” papar dia.

Sedangkan untuk jalur hukum pidana, konsumen bisa mengadukan hal ini ke kantor kepolisian dengan tuduhan penipuan.

“Kumpulkan bukti-bukti tertulis yang akurat, dan jadikan salah satu staf pengembang sebagai saksi dari kasus ini. Sayangnya acapkali, penyelesaian hukum pidana kerap mengalami banyak kendala dan jarang memberikan hasil yang memuaskan,” jelasnya.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.