Selasa, 29 September 2020

LBH Street Lawyer: Perppu Hilangkan Hak Ormas di Pengadilan

LBH Street Lawyer: Perppu Hilangkan Hak Ormas di Pengadilan

Foto: Ilustrasi Perppu Ormas. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Direktur eksekutif LBH Street Lawyer Rangga Lukita Destana menegaskan, pihaknya mengecam terbitnya Praturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) tentang keormasan. Mereka menilai, pemerintah dikhawatirkan melakukan kesewenang-wenangan dengan membubarkan ormas.

“LBH Street Lawyer menyatakan menolak dan mengecam terbitnya perppu ormas tersebut, kami meminta dengan tegas kepada Pemerintah untuk tidak melakukan tindakan hukum apapun berdasarkan perppu ormas,” kata Rangga melalui rilisnya, Sabtu (15/7) kemarin.

Ia mengutarakan, perppu tersebut telah menutup peluang dari ormas maupun anggotanya untuk membela diri di pengadilan dari upaya pembubaran Ormas mereka oleh Pemerintah. Bahkan pemerintah dapat langsung membawa anggota ormas ke ranah pidana.

“Hal tersebut dikhawatirkan akan menimbulkan kesewenang-wenangan dari Pemerintah,” tukasnya.

Lebih lanjut, Rangga meminta Dewan DPR RI untuk menolak pengesahan perppu ormas pada sidang pertama setelah terbitnya perppu tersebut.

“Selanjutnya LBH Street Lawyer akan mengajukan upaya hukum atas perppu ormas ke Mahkamah Konstitusi,” tegasnya.

Selain itu, pemerintah didesak untuk lebih fokus bekerja demi kesejahteraan rakyat Indonesia ditengah mahalnya harga-harga kebutuhan pokok, dan menurunnya daya beli masyarakat.

“Bukannya malah melakukan upaya-upaya untuk membatasi kebebasan berserikat yang telah dijamin oleh Konstitusi melalui proses yang bertentangan dengan hukum,” pungkasnya. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.