Minggu, 20 September 2020

Sepi Pengunjung, Pedagang di Pasar Glodok Terancam Gulung Tikar

Sepi Pengunjung, Pedagang di Pasar Glodok Terancam Gulung Tikar

Jakarta, Swamedium.com – Pusat penjualan elektronik legendaris Pasar Glodok, Jakarta Barat sebentar lagi mungkin hanya tinggal kenangan. Saat ini, banyak toko yang sudah gulung tikar tutup atau dijadikan gudang oleh pemiliknya karena pengunjung sepi.

Beberapa pedagang mengaku sudah cukup banyak rekan mereka sesama pedagang yang menutup toko dan pindah ke tempat lain. Ada pula yang menjadikan toko yang tutup sebagai gudang.

“Banyak yang tutup. Sudah pindah. Ada juga yang dijadiin gudang saja sama pemiliknya. Jadi tokonya di sebelah, gudangnya di sebelah,” kata Sugeng, pemilik reparasi Handy Talkie di Pasar Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat, Sabtu (15/7).

Selain dijadikan gudang oleh pemiliknya, toko yang tutup juga disewakan oleh pemilik sebelumnya. Di beberapa sisi pasar, tampak berapa toko yang tutup, disertakan pesan singkat ‘disewakan’ lengkap dengan nomor kontak pemilik sebelumnya.

“Yang itu sudah tutup. Pindah dia ke Kalimalang. Kayaknya masih punya dia, hanya disewakan. Tuh nomor hp-nya masih ada,” pungkasnya.

Pasar Glodok, pusat penjualan barang-barang elektronik kini tinggal kenangan. Pasar yang dulunya ramai pedagang dan penjual barang elektronik sudah jadi gudang.

“Dulu kalau orang ngomong Glodok, pusatnya elektronik pasti,” ujar Pedagang elektronik, Chandra.

Menurutnya, sejak pindah dari Harco Glodok, para pedagang mengalami penurunan pengunjung dari waktu ke waktu. Bahkan, ada pedagang yang terpaksa gulung tikar akibat tak adanya pembeli.

“Sudah 4 tahun buka di sini. Menurun. Pada mulai tutup. Kayak yang depan saya ini, dulu buka setahun terus tutup lagi,” katanya.

Dari pantauan merdeka.com, di lantai 5 Pasar Glodok, kondisi cukup miris. Banyak toko tutup dan pengunjung tak banyak yang datang. Cuma suara pedagang yang ngobrol satu sama lain atau menyapa satu atau pengunjung yang lewat.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.