Kamis, 24 September 2020

Yusril Salurkan Bantuan ke Korban Banjir Belitung Timur

Yusril Salurkan Bantuan ke Korban Banjir Belitung Timur

Foto: Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra bantu korban banjir Belitung Timur. (Facebook Yusril Ihza Mahendra)

Pangkalpinang, Swamedium.com — Cuaca buruk dan banjir yang melanda Kabupaten Belitung Timur langsung dirasakan oleh Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra yang kebetulan sedang berada di Belitung.

Yusril yang lahir di Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur ini, langsung terjun ke lokasi banjir membantu warga setempat dengan membagikan ratusan nasi bungkus dan perlengkapan bayi.

“Ada ratusan rumah terendam, beberapa jembatan, dan dam air rubuh diterjang banjir setelah hujan lebat tiga hari tanpa henti. Cuaca ekstrim sampai saat ini masih melanda belitung,” tulis Yusril dalam akun Facebooknya, Minggu (16/7) malam.

Pakar Hukum Tata Negara itu mengatakan pemerintah daerah harus segera bertindak cepat, apalagi saat ini, Kota Manggar yang merupakan ibukota Kabupaten Belitung Timur masih terisolasi.

“Belum pernah terjadi dalam sejarah Belitung,” kata Mantan Menteri Sekretaris Negara itu.

Akibat banjir tersebut, tiga ruas jalan yang menghubungkan kota itu dengan Tanjung Pandan, ibukota Kabupaten Belitung mengalami kerusakan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang merilis, ketinggian gelombang untuk wilayah Belitung Timur mencapai 1,5 hingga 2 meter. Warga diminta waspada untuk kondisi hujan lebat, angin kencang. dan petir yang bisa terjadi siang maupun malam hari. (Ima)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.