Rabu, 30 September 2020

Demi Keamanan, OJK Sarankan Masyarakat Gunakan Jasa Gadai Resmi

Demi Keamanan, OJK Sarankan Masyarakat Gunakan Jasa Gadai Resmi

Jakarta, Swamedium.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau masyarakat agar menggunakan jasa gadai yang telah terdaftar. Jika usaha gadai telah terdaftar atau mengantongi izin, maka OJK lebih mudah untuk mengawasi dan konsumen bisa terlindungi.

Perusahaan gadai swasta yang telah terdaftar maupun mengantongi izin dari OJK masih minim. Kendati minim, OJK meminta masyarakat untuk menggunakan jasa gadai yang telah terdaftar.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan jasa gadai yang telah terdaftar atau berizin usaha dari OJK,” tutur Anggota Dewan Komisioner OJK Merangkap Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank Firdaus Djaelani di Menara Merdeka, Senin (17/7) yang dirilis cnnindonesia.com.

Perlu diketahui, kewajiban bagi pelaku usaha pergadaian swasta untuk memperoleh izin usaha telah diatur dalam Peraturan OJK Nomor 31/POJK.05/2015 tentang Usaha Pergadaian, diundangkan 29 Juli 2016. Dalam beleid tersebut, permohonan izin usaha paling lambat diajukan tiga tahun sejak POJK 31/2016 diundangkan.

Beberapa syarat untuk mengajukan permohonan izin diantaranya usaha gadai harus berbadan hukum dan memiliki modal disetor minimal Rp500 juta untuk ruang lingkup usaha di tingkat kabupaten/ kota dan Rp2,5 miliar untuk ruang lingkup usaha di tingkat provinsi.

Jika pelaku usaha belum memenuhi persyaratan untuk mengajukan izin usaha, maka pelaku usaha diberikan kesempatan untuk terlebih dahulu mengajukan permohonan pendaftaran paling lambat dua tahun sejak POJK 31/2016 diundangkan.

Namun, berdasarkan data OJK, hingga pertengahan Juli 2017, baru terdapat tiga pelaku usaha pergadaian swasta yang mendapatkan izin usaha dan enam pelaku usaha pergadaian swasta yang telah terdaftar di OJK.

Sementara, jumlah pelaku usaha pergadaian swasta yang sedang mengajukan permohonan perizinan atau pendaftaran kepada OJK saat ini sebanyak sembilan pemohon, terdiri atas tujuh pemohonan mengajukan izin usaha dan dua pemohon yang mengajukan permohonan pendaftaran.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.