Sabtu, 26 September 2020

Di Kota Ini, Sampah Bisa Jadi Sedekah

Di Kota Ini, Sampah Bisa Jadi Sedekah

Foto: Sedekah sampah yang diinisiasi oleh Rumah Zakat. (ist)

Cirebon, Swamedium.com — Para warga di wilayah Kebon Baru, RW 06 Kecamatan Tanda Barat, Kota Cirebon kembali melakukan panen Sedekah Sampah. Sebanyak 23 orang warga pada Sabtu (15/7) lalu berbondong-bondong membawa tabungan sampah dari rumah masing-masing untuk dikumpulkan di Bank Sampah setempat.

Kebon Baru merupakan salah satu wilayah binaan Rumah Zakat yang mengimplementasikan program Senyum Lestari. Program tersebut mengedukasi warga untuk peduli akan kebersihan tempat tinggal serta pemanfaatan sampah.

Program bank sampah sudah berjalan hampir satu tahun dan telah memberikan banyak manfaat bagi warga sekitar terutama warga yang menjadi member bank sampah.

Sebelum penimbangan sampah, dalam kegiatan panen bank sampah kali ini, warga terlebih dahulu mendapatkan edukasi mengenai pengelolaan sampah yang tepat. Materi tersebut disampaikan oleh Lisaidah, tim kesehatan Rumah Zakat Kota Cirebon.

Ia juga menambahkan bahwa kedepannya akan ada rencana untuk pemberian materi keterampilan mengelola sampah sehingga dapat bernilai jual.

“Alhamdulillah panen kali ini terkumpul sebanyak 50 kilo dari 23 orang warga. Masyarakat disini juga semakin antusias terkait kegiatan Sedekah Sampah. Kami merencanakan bahwa kedepannya masyarakat akan mempelajari keterampilan mengelola sampah,” jelas Lisa.

Lisa menambahkan bahwa hasil panen sampah tersebut dikumpulkan untuk kemudian dijual ke pengepul. Hasil uang penjualan akan digunakan untuk pembelian obat dan perlengkapan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan 3 bulan sekali di wilayah Kebon Baru. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.