Jumat, 02 Oktober 2020

Jokowi 2019 dan Golkar Pasca “Gus” Novanto

Jokowi 2019 dan Golkar Pasca “Gus” Novanto

Foto: Ketua DPR RI Setya Novanto. (ist)

Oleh: Hersubeno Arief*

Jakarta, Swamedium.com — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menetapkan Ketua Umum Golkar Setya Novanto sebagai tersangka kasus e-KTP. Penetapan “Gus” Novanto –nama panggilan baru dari Agung Laksono, setelah Novanto resmi jadi anggota NU–selain cukup mengagetkan, juga menimbulkan berbagai spekulasi.

Mulai dari yang ringan dan lucu seputar mistik, sampai yang serius, soal politik dan pertarungan kekuasaan (power game).

Bagi yang senang mistik, penetapan Novanto sebagai tersangka pada tanggal 17-7-2017 menimbulkan tafsir tersendiri. Biasanya KPK menetapkan seorang tersangka, apalagi yang kelas kakap, pada hari Jumat. Di kalangan media disebut sebagai “Jumat Keramat”.

Untuk kasus Novanto, KPK mengumumkan penetapan sebagai tersangka, pada hari Senin, dengan angka “cantik” Triple 7. Jadi mudah diingat. Belum lama berselang waralaba ritel 7 Eleven juga menyatakan diri bangkrut dan menutup ratusan gerainya. Jadi angka 7 saat ini diyakini sebagai angka sial.

Ada juga yang menyebut angka 7 bentuknya mirip sabit, arit (Jawa), sebuah senjata yang efektif untuk membabat lawan-lawan politik KPK. Kebetulan DPR yang dipimpin oleh Novanto sedang berseteru dengan KPK lewat hak angket.

Coba cek di sosial media, tafsirnya bisa macam-macam. Dalam bahasa Jawa dikenal istilah otak-atik gathuk. Mencocok-cocokkan yang benar-benar cocok, tapi kebanyakan mencocok-cocokkan yang tidak cocok.

Di luar soal mistik, ada yang cukup serius menyoroti momen ini sebagai sebuah pertarungan politik tingkat atas dan urusannya tidak jauh-jauh dengan Pilpres 2019.

Ada yang serta merta menyebut penetapan Novanto sebagai tersangka merupakan kekalahan politik kubu Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan (LBP). Maklumlah Novanto selama ini dikait-kaitkan dengan LBP utamanya ketika muncul kasus “Papa Minta Saham.”

Pages: 1 2 3 4 5

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.