Sabtu, 26 September 2020

Setelah Setya Novanto Tersangka, Kemana Politik Golkar?

Setelah Setya Novanto Tersangka, Kemana Politik Golkar?

Foto: Denny Januar Ali. (tempo)

Oleh: Denny JA*

Jakarta, Swamedium.com — Segera setelah Setya Novanto ditetapkan tersangka oleh KPK, Golkar akan terpolarisasi dalam tiga kubu politik. Seberapa cepat Golkar terkonsolidasi kembali, bersatu kembali, akan menentukan seberapa siap Golkar menghadapi Pileg dan Pilpres 2019. Kubu mana yang dominan di Golkar paska penetapan Novanto sebagai tersangka akan menentukan pula arah politik Golkar terhadap pemerintah dan pencapresan Jokowi kembali.

Imajinasi ini muncul ketika mendapatkan kabar itu. Setya Novanto yang selama ini tak pernah berhasil dijerat oleh aparat hukum akhirnya terkena oleh KPK. Entah kebetulan atau tidak, KPK mengumumkan Setya Novanto selaku tersangka E-KTP di “angka cantik serba 7”: 17 -07 -2017.

-000-

Sebulan sebelum bulan Ramadhan, saya diajak bicara oleh elit Golkar yang mengklaim mendapat informasi penting. Menurutnya, Setya Novanto dipastikan akan menjadi tersangka KPK. Selanjutnya hanya masalah waktu saja kapan status tersangka diumumkan.

Saya bertanya padanya seberapa siap Golkar menghadapi badai internal kembali. Golkar baru saja terkonsolidasi 14 bulan lalu, sejak Setya Novanto terpilih ketum bulan Mei 2016. Sebelumnya, Golkar terpecah dan memerlukan waktu satu setengah tahun untuk konsolidasi. Yaitu ketika Munas Ancol di bulan Desember 2014 memunculkan “ketum tandingan” Agung Laksono melawan ketum Munas lain Aburizal Bakrie. Di era ini berita soal Golkar acapkali soal pertengkaran dua kubu dan proses pengadilan yang rumit.

Setelah percakapan itu, saya banyak jumpa elit Golkar dan mengikuti perkembangan partai ini dari dekat. LSI selalu diundang untuk presentasi survei muthakir setiap kali Golkar melakukan rapimnas. Pada Rapimnas Golkar Mei 2017 di Balikpapan, bahkan puisi saya “Bukan Kami Punya,” dibacakan oleh Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Pages: 1 2 3 4 5

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.