Senin, 28 September 2020

Survei Pilgub Jabar, Ridwan Kamil Stagnan

Survei Pilgub Jabar, Ridwan Kamil Stagnan

Foto: Cagub Jabar Ridwan Kamil(ist)

Jakarta, Swamedium.com — Indonesian Development Monitoring (IDM) melakukan jajak pendapat masyarakat, khususnya warga negara Indonesia di propinsi Jawa Barat untuk mengukur tingkat pengenalan maupun pengetahuan warga Jawa Barat jelang Pilgub Jawa Barat 2018 nanti. Hasilnya, bakal cagub yang diusung Partai Nasdem, Ridwan Kamil cenderung ‘stagnan’.

Akseptabilitas Ridwan Kamil sebanyak 59,3 persen sedangkan nilai kapabilitas Ridwan Kamil hanya 37,8 Persen. Angka tersebut diambil berdasarkan penilaian masyarakat Jawa Barat, demikian hasil survey IDM periode Juni hingga Juli 2017.

“Perlu diketahui, pengetahuan masyarakat Jawa Barat akan digelarnya Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Jawa Barat sejauh ini hanya 60,3 Persen saja yang mengetahui akan adanya Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Jawa Barat dan sisanya belum mengetahui,” jelas Direktur Eksekutif IDM Fahmi Hafel.

Maka, terang Fahmi, itulah hasil survei IDM yang berupaya mengeksplorasi mendalam pilihan masyarakat dalam pememilihan Gubenur Jawa Barat, yang antara lain berdasarkan kesamaan agama 89,3 persen, kesamaan suku dan ras 45,8 persen, maupun juga kesamaan tempat tinggal dan bermukim 35,7 persen.

Para responden itu, jelas Direktur IDM, dipilih menggunakan metode stratified multistage random sampling, cakupan data dianalisis dari responden asli sebanyak  1410, dengan ukuran sampel 1410 toleransi kesalahan (margin  of  error–MoE)  sebesar  ±2.61%, dan tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi  simple  random  sampling), kemudian responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih, dan input data menggunakan aplikasi Android.

Berbeda dengan Ridwan Kamil, sosok dengan nilai Elektabilitas dan Kapabilitas Dedi Mizwar lebih tinggi dibandingkan beberapa tokoh lainnya, yang termasuk dalam kategori hasil survei terhadap tingkat pengenalan warga Jabar terhadap para tokoh-tokoh berpotensi bakalan maju sebagai Calon Gubenur.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.