Kamis, 01 Oktober 2020

Upah Rendah Sebabkan Jumlah Penduduk Miskin Tak Kunjung Turun

Upah Rendah Sebabkan Jumlah Penduduk Miskin Tak Kunjung Turun

Jakarta, Swamedium.com – Angka kemiskinan di Indonesia tak kunjung turun disebabkan kenaikan upah tidak mampu mengimbangi kenaikan inflasi. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk miskin Indonesia per Maret 2017 sebanyak 27,77 juta orang atau 10,64 persen dari total penduduk.

Mengapa kemiskinan di Indonesia cenderung stagnan dan tidak ada perubahan signifikan? Ketua BPS Suhariyanto mengatakan bahwa bila dilihat maka tingkat inflasi di seluruh Indonesia dalam rentang September 2016 hingga Maret 2017 sebesar 2,24 persen.

Artinya, meski inflasi tergolong kecil, tetapi angka inflasi ini mampu “berlari lebih kencang” dibandingkan perbaikan upah yang diterima buruh.

“Artinya, pendapatan yang diterima tidak cukup ampuh untuk mengimbangi nilai inflasi yang ada,” kata Suhariyanto di Kantor Pusat BPS, Senin (17/7) yang dikutip republika.co.id.

Selama September 2016 hingga Maret 2017, upah buruh tani baik yang nominal atau riil mengalami kenaikan. Namun upah buruh bangunan hanya naik untuk upah nominalnya saja. “Karena tidak mampu kejar inflasi sehingga periode tersebut upah riil buruh bangunan turun,” kata Suhariyanto.

Tak hanya itu, sepanjang September 2016 hingga Maret 2017 sebetulnya sebagian besar harga komoditas pangan pokok mengalami penurunan. Beras misalnya, yang memiliki kontribusi tinggi terhadap kesejahteraan masyarakat mengalami penurunan rata-rata 0,11 persen. Selain itu, daging ayam, tepung terigu, dan gula juga mengalami penurunan dengan nilai masing-masing 3,98 persen, 0,7 persen, dan 5,06 persen.

“Hanya saja, ada penghambat yang cukup signfikan perannya. Awal tahun ini ada sedikit hambatan dalam penyaluran beras sejahtera. Ini diduga menghambat penurunan angka kemiskinan,” jelas Suhariyanto.

Menurut BPS, jumlah penduduk miskin Indonesia per Maret 2017 sebanyak 27,77 juta orang atau 10,64 persen dari total penduduk. Selama 6 bulan (September 2016-Maret 2017), jumlah penduduk miskin bertambah 6.900 orang.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.