Selasa, 29 September 2020

Yusril Daftarkan Uji Materi Perppu Ormas ke MK

Yusril Daftarkan Uji Materi Perppu Ormas ke MK

Foto: Yusril Ihza Mahendra, selaku Kuasa Hukum Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) mendaftarkan gugatan terhadap Perppu Ormas ke Mahkamah Konstitusi. (Dok. Forjim)

Jakarta, Swamedium.com — Pakar Hukum Tata Negara yang juga menjadi Kuasa Hukum Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Yusril Ihza Mahendra sore tadi mendatangi Gedung Mahkamah Konstitusi (MK). Yusril datang untuk mendaftarkan gugatan pihaknya terhadap Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 tahun 2017 tentang Ormas

Sesaat sebelum memasuki Gedung MK, Yusril mengatakan, Perppu tersebut bertentangan dengan UUD 45 baik secara formil maupun materil.

“Kami menolak kehadiran perppu ini dengan cara mengajukan perkara ke MK. Kami melawan menggunakan cara-cara yang damai, sah dan konstitusional,” kata Yusril, Selasa (18/7).

Gugatan melalui MK, kata Yusril, telah sesuai dengan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang mempersilakan bagi pihak yang keberatan dengan perppu tersebut untuk menempuh langkah hukum.

“Karena Presiden Jokowi meminta kami agar kami membawa Perpu ini ke pengadilan, permintaan itu kami penuhi,” ucapnya.

Pada akhirnya, Yusril pun menyerahkan sepenuhnya kepada MK untuk memutuskan nasib perppu yang baru saja dikeluarkan Pemerintahan Jokowi. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.