Rabu, 30 September 2020

Amien Rais: Kalau KPK Kuat, BLBI Century Sumber Waras Selesai

Amien Rais: Kalau KPK Kuat, BLBI Century Sumber Waras Selesai

Foto: Mantan Ketua MPR mendatangi Pansus Angket KPK di Gedung DPR. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Tokoh reformasi 1998 MPR Amien Rais mengatakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai lembaga sudah lemah, maka pernyataan yang menyebut adanya upaya melemahkan KPK dengan hak angket tidak tepat. Menurut dia, KPK sudah lemah dari dulu karena tidak mampu menyelesaikan kasus korupsi besar.

“Beda saya dengan teman-teman. Kalau teman-teman jangan tanya, jangan lemahkan KPK, saya ketawa. Apakah KPK itu kuat? Kalau kuat, BLBI sudah selesai, Hambalang sudah selesai. Kalau kuat, Century selesai, Sumber Waras selesai,” kata Amien di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/7).

Amien kembali menegaskan, KPK sudah lemah sejak dulu.

“Jadi KPK itu lemah. Jangan katakan lemahkan KPK, memang wong sudah lemah kok,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Amien menjelaskan terkait kelemahan KPK yakni KPK hanya tegas pada kasus korupsi kecil.

“Jadi kelemahan KPK sudah titik jenuh. Kalau dia kuat, itu semua kasus sudah selesai. Ini kan OTT Rp 10 juta, Rp 400 juta, disegel kantor DPRD Mojekorto, ini kan lemah,” tutur dia.

Mantan Ketua MPR itu juga mengingatkan bahwa status KPK adalahg sebagai lembaga ad hoc atau lembaga sementara. Oleh karena itu, sudah saatnya KPK dibatasi karena sudah bekerja di luar batas.

“Menurut saya, KPK yang selama ini yang sebagai ad hoc, yang sudah agak kelewatan, memang harus dibatasi,” tegasnya.

Hal-hal ini disampaikan Amien saat datang ke gedung DPR untuk beraudiensi dengan Pansus Angket KPK. Namun audiensi itu terpaksa ditunda karena waktu yang terbatas karena Pansus Angket KPK telah memiliki agenda rapat dengan Wakapolri Komjen Syafruddin. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.