Kamis, 24 September 2020

BKSDA Aceh Temukan Seekor Gajah Mati Tanpa Gading

BKSDA Aceh Temukan Seekor Gajah Mati Tanpa Gading

Foto: Seekor gajah ditemukan mati tanpa gading di Kabupaten Aceh Tengah. Diduga gajah itu mati karena ditembak para pemburu gading. (ilustrasi/ist)

Banda Aceh, Swamedium.com — Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menemukan seekor gajah mati tanpa gading di Dusun Payalah, Desa Karang Ampar, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah, Senin (17/7). Diduga gajah itu mati karena ditembak para pemburu gading.

Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo di Banda Aceh, Rabu, mengatakan, gajah mati tanpa gading tersebut ditemukan di kebun masyarakat.

“Bangkai gajah ditemukan oleh warga dan kemudian melaporkan ke aparat desa. Saat ditemukan, kondisi gajah sudah dalam keadaan membusuk dengan gading hilang dan kepala terbelah,” kata Sapto Aji Prabowo dikutip antaranews, Rabu (19/7).

Sapto Aji mengatakan, usia gajah diperkirakan 40 tahun. Kematian gajah diperkirakan sekitar tiga minggu lalu. Saat ditemukan, terdapat lubang seperti terkena tembakan di tulang tengkorak. Namun, untuk mengetahui penyebab kematian gajah, tim BKSDA Aceh melakukan otopsi tubuh satwa dilindungi tersebut.

“Tim BKSDA Aceh telah turun dan mengecek di lapangan melihat langsung kondisi gajah yang ditemukan mati tersebut,” kata Sapto Aji Prabowo.

Ia menambahkan, pihaknya telah membuat laporan polisi di Polres Aceh Tengah. Dan lokasi penemuan gajah mati tersebut sudah dipasang garis polisi. Kepolisian juga sudah memulai penyelidikan.

Sapto Aji menyebutkan, kematian gajah liar tersebut merupakan yang keempat di Provinsi Aceh sepanjang 2017. Dan ini belum termasuk satu janin gajah yang ditemukan beberapa waktu lalu. (*/d)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.