Jumat, 25 September 2020

Margarito: HTI Tetap Punya Legal Standing Gugat Perppu ke MK

Margarito: HTI Tetap Punya Legal Standing Gugat Perppu ke MK

Foto: Pakar Hukum tata negara Margarito Kamis. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Proses gugatan uji materil Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 yang diajukan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) melalui kuasa hukumnya Yusril Ihza Mahendra ke Mahkamah Konstitusi (MK), dihadang dengan langkah Pemerintah Jokowi yang mencabut status badan hukum Ormas dan membubarkan HTI pada Rabu (19/7).

Namun, pakar hukum tata negara Margarito Kamis, berpendapat lain. Menurut dia, HTI tetap memiliki legal standing untuk meneruskan pengajuan uji materil terhadap Perppu Ormas ke MK.

Margarito juga berpendapat, dengan dicabutnya status badan hukum HTI, tidak serta merta ormas Islam itu kehilangan legal standing-nya untuk mengajukan gugatan uji materil Perppu ke MK.

“Teruskan saja, justru dengan dibubarkannya HTI hari ini semakin menguatkan posisi HTI, jika sebelumnya uji materil itu karena berpotensi merugikan hak-hak konstitusional HTI. Sekarang bukan hanya potensi, tapi justru HTI sudah benar-benar mengalami kerugian nyata, dibubarkan pemerintah dengan Perppu itu,” kata Margarito, Rabu (19/7).

Lebih lanjut, Margarito menyarankan agar Yusril menempuh dua jalur hukum sekaligus. Pertama, kata dia, tetap meneruskan uji materil Perppu Ormas ke MK yang telah dimulai sebelum Pemerintah membubarkan HTI. Pasalnya, lanjut Margarito, jika uji materil tersebut berhasil, maka yang akan menerima manfaat tidak hanya HTI, tapi juga akan berguna untuk ormas-ormas lainnya.

“Ini penting untuk melindungi hak hidup ormas dari kesewenangan pemerintah, dari otoritaianisme dan kediktatoran penguasa,” tandasnya.

Baca juga: HTI Dibubarkan dengan Perppu, Yusril Akan Gugat ke PTUN

Selanjutnya, Margarito menyarankan Yusril untuk mengajukan gugatan atas Surat Keputusan Pemerintah yang mencabut status badan hukum dan membubarkan HTI ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Seperti diberitakan sebelumnya, Yusril mengungkapkan, pihaknya sedang memikirkan langkah terbaik untuk mengatasi masalah ini.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.