Kamis, 01 Oktober 2020

Status Badan Hukum Dicabut, HTI Resmi Dibubarkan Pemerintah

Status Badan Hukum Dicabut, HTI Resmi Dibubarkan Pemerintah

Foto: Aksi penolakan Perppu Ormas, Selasa (18/7) di Monas, Jakarta. (Dok. Forjim)

Jakarta, Swamedium.com — Status badan hukum Ormas Islam Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) resmi dicabut oleh Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Dengan pencabutan ini, HTI telah resmi dibubarkan.

Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) Kemenkumham, Freddy Haris mengumumkan pencabutan status badan hukum ormas Islam HTI. Menurut dia, meskipun HTI memiliki Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) berlandaskan Pancasila sebagai landasan ideologi badan hukum perkumpulannya, namun aktivitas dakwah HTI dianggap telah menyimpang dari asas Pancasila.

“Kami mendapat berbagai masukan dari instansi terkait, mereka (HTI) mengingkari AD/ART sendiri. Hal itu menjadi pertimbangan pencabutan SK Badan Hukum HTI,” kata Freddy di Kemenkumham, Jakarta, Rabu (19/7). (

Freddy menambahkan, pemerintah mempersilakan pihak-pihak yang berkeberatan dengan adanya putusan ini untuk menempuh jalur hukum.

“Silakan mengambil jalur hukum,” ujarnya lagi.

Untuk diketahui, Ormas Islam HTI tercatat sebagai Badan Hukum Perkumpulan di Kemenkumham dengan Nomor Registrasi AHU-00282.60.20.2014 tertanggal 2 Juli 2014. Sebagai pihak yang menerbitkan SK perkumpulan atau ormas di Indonesia, Kemenkumham, melalui Ditjen AHU berwenang mencabut SK Badan Hukum HTI. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.