Kamis, 24 September 2020

Biksu Thailand Wiraphon Ditangkap, Didakwa Korupsi dan Pemerkosaan Anak

Biksu Thailand Wiraphon Ditangkap, Didakwa Korupsi dan Pemerkosaan Anak

Foto: Biksu Luang Pu Nenkham alias Wiraphon Sukphon saat memamerkan jet mewahnya. (ist)

Bangkok, Swamedium.com — Biksu Thailand, Luang Pu Nenkham alias Wiraphon Sukphon ditangkap tim Departemen Investigasi Khusus (DSI) Thailand di Amerika Serikat. Saat ini biksu yang suka pamer kemewahan itu sudah dibawa ke Bangkok untuk menghadapi dakwaan korupsi dan pemerkosaan anak.

Menurut laporan The Straits Times, Kamis (20/7), Wiraphon dibawa dari bandara dengan iring-iringan mobil Toyota Camry dan dua SUV Toyota Fortuner, Rabu (19/7) malam. Dia kemudian dibawa ke gedung DSI dengan dikawal 10 orang pejabat DSI.

Nampak terlihat ikut mengawal Kepala DSI Kolonel Polisi Phaisit Wongmuang dan Komisaris Biro Luar Negeri Kepolisian Thauland Letnan Jenderal Phaisith Sangkhahapong.

Beberapa tuduhan terhadap Wiraphon di antaranya, memuat informasi palsu ke jaringan komputer, kecurangan publik, pencucian uang, memperkosa anak yang tidak lebih dari 15 tahun, menganiaya anak yang tidak lebih dari 15 tahun dan membawa anak yang tidak lebih dari 15 tahun dari orang tuanya tanpa alasan yang layak.

Dia pernah jadi pemberitaan media internasional ketika terbang dengan jet mewah. Dia juga memiliki aset-aset mewah yang berasal dari sumbangan umat Buddha.

Badan Anti Korupsi Thailand telah menyita sejumlah aset milik biksu ini senilai 24 juta baht atau sekira Rp 9 miliar. Aset-aset yang telah disita itu antara lain, mobil Porsche, Mercedes-Benz, motor Harley-Davidson, rumah mewah, serta uang 200 ribu baht yang tersimpan di 14 bank.

Wiraphon juga dilaporkan memiliki banyak properti yang meliputi sejumlah bidang tanah, sejumlah rumah dan beberapa kondominium. (*/d)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.