Sabtu, 12 September 2020

Ini Khasiat Buah Pisang yang Tidak Diketahui Orang

Ini Khasiat Buah Pisang yang Tidak Diketahui Orang

Foto: Ilustrasi (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Buah pisang banyak dijumpai di negara tropis, seperti Indonesia. Selain mudah ditemui dimana-mana, harga pisang juga terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Meski murah, pisang ternyata memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Warna buah pisang pada umumnya adalah hijau, kuning, namun ada juga yang kemerahan. Jenis buah pisang juga beraneka ragam, mulai dari pisang kepok, tanduk, raja, ambon, hijau dan sebagainya.

Buah ini bisa langsung dikonsumsi atau diproses lebih lanjut menjadi makanan camilan, seperti selai, kolak pisang, beragam jajanan pasar hingga cake. Tentu saja, pisang yang masih murni lebih baik dari segi nutrisinya dibandingkan yang sudah diproses.

Mengonsumsi pisang setiap hari sangat baik untuk kesehatan sebab buah pisang mengandung asam folat, kalsium, nitrogen dan kalium. Berikut ini data nutrisi yang terkandung dalam setiap 100 gram pisang.

Nutrisi Kadar
Kalori 89 gram
Lemak 0,3 gram
Kolesterol 0
Sodium 1 mg
Potassium 358 mg
Karbohidrat 23 gr
Dietary fiber 2,6 gram
Protein 1,1 gram
Gula 12 gram

Untuk memaksimalkan manfaat pisang bagi tubuh, bagi orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi 4700 miligram per hari.

Adapun manfaat pisang bagi kesehatan tubuh adalah;

1. Menjaga fungsi kardiovaskular
Pisang bermanfaat untuk menguatkan sistem kardiovaskular. Ini disebabkan kandungan zat potassium pisang yang sangat tinggi. Potassium adalah mineral yang sangat penting untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal dan berfungsi dengan baik.

2. Cocok untuk makanan diet
Selain berkhasiat menjaga kesehatan, pisang juga membantu orang yang sedang menjalankan program diet. Sebabnya, pisang mengandung gula dan karbohidrat tinggi sehingga mampu memberikan rasa kenyang lebih lama.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.