Selasa, 17 Mei 2022

Ini Khasiat Buah Pisang yang Tidak Diketahui Orang

Ini Khasiat Buah Pisang yang Tidak Diketahui Orang

Foto: Ilustrasi (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Buah pisang banyak dijumpai di negara tropis, seperti Indonesia. Selain mudah ditemui dimana-mana, harga pisang juga terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Meski murah, pisang ternyata memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Banner Iklan Swamedium

Warna buah pisang pada umumnya adalah hijau, kuning, namun ada juga yang kemerahan. Jenis buah pisang juga beraneka ragam, mulai dari pisang kepok, tanduk, raja, ambon, hijau dan sebagainya.

Buah ini bisa langsung dikonsumsi atau diproses lebih lanjut menjadi makanan camilan, seperti selai, kolak pisang, beragam jajanan pasar hingga cake. Tentu saja, pisang yang masih murni lebih baik dari segi nutrisinya dibandingkan yang sudah diproses.

Mengonsumsi pisang setiap hari sangat baik untuk kesehatan sebab buah pisang mengandung asam folat, kalsium, nitrogen dan kalium. Berikut ini data nutrisi yang terkandung dalam setiap 100 gram pisang.

Nutrisi Kadar
Kalori 89 gram
Lemak 0,3 gram
Kolesterol 0
Sodium 1 mg
Potassium 358 mg
Karbohidrat 23 gr
Dietary fiber 2,6 gram
Protein 1,1 gram
Gula 12 gram

Untuk memaksimalkan manfaat pisang bagi tubuh, bagi orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi 4700 miligram per hari.

Adapun manfaat pisang bagi kesehatan tubuh adalah;

1. Menjaga fungsi kardiovaskular
Pisang bermanfaat untuk menguatkan sistem kardiovaskular. Ini disebabkan kandungan zat potassium pisang yang sangat tinggi. Potassium adalah mineral yang sangat penting untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal dan berfungsi dengan baik.

2. Cocok untuk makanan diet
Selain berkhasiat menjaga kesehatan, pisang juga membantu orang yang sedang menjalankan program diet. Sebabnya, pisang mengandung gula dan karbohidrat tinggi sehingga mampu memberikan rasa kenyang lebih lama.

3. Indeks glikemik rendah
Indeks glikemik (GI) adalah parameter untuk mengukur seberapa cepat karbohidrat makanan diserap oleh tubuh. Makanan dengan GI rendah berarti melepas karbohidrat ke dalam tubuh dengan lambat. Jika GI rendah maka kadar gula dalam darah akan stabil. Dan, buah pisang diketahui mengandung GI sangat rendah.

4. Serat tinggi
Buah pisang mengandung fiber (serat) tinggi yaitu sekitar 3 gram. Serat ini membantu fungsi pencernaan bekerja optimal, sehingga memudahkan untuk BAB. Serat pada pisang ini akan mengikat lemak dan mencegah terjadinya penumpukan plak pada pembuluh darah.

Manfaat bagi tubuh jika rajin mengonsumsi pisang

Untuk mendapatkan manfaat optimal, makanlah buah ini setiap hari di pagi hari, siang dan malam hari. Berikut ini manfaat pisang untuk mengurangi gejala-gejala penyakit tertentu di dalam tubuh.

1. Mual di pagi hari (morning sickness)
Mual di pagi hari ini kerap dirasakan saat kehamilan muda. Dengan mengonsumsi pisang akan menjaga kadar gula darah tetap normal, sehingga mengurangi rasa mual saat bangun di pagi hari.

2. Mabuk karena alkohol
Buah pisang dapat mengurangi gejala pusing, terutama jika dicampur dengan madu. Pisang akan menenangkan perut dan madu akan mengurangi kadar gula darah.

3. Depresi
Berdasarkan survei MIND terhadap pasien depresi membuktikan bahwa pisang mampu memberi rasa tenang dan rileks. Pisang mengandung tryptophan sejenis protein yang didalam tubuh menjadi serotonin (hormon kebahagiaan) yang membuat tubuh menjadi rileks, meningkatkan mood dan membuat kita merasa bahagia.

4. Sembelit
Pisang mengandung serat tinggi yang mampu merangsang gerakan usus menjadi lebih teratur dan meringankan sembelit. Pisang mampu membantu melancarkan BAB dan menyembuhkan sembelit.

5. Maag
Obat alami untuk penyakit usus karena mampu menetralkan keasaman dalam tubuh dan mencegah iritasi lambung, dengan menciptakan lapisan pelindung di perut. Sebuah pisang dapat meringankan sakit maag dengan cepat.

6. Tekanan darah
Pisang kaya akan kalium dan mengandung sedikit garam, sehingga mampu menjaga tekanan darah. The Food & Drug Administration (FDA) Amerika Serikat telah mengkonfirmasi bahwa pisang dapat digunakan dalam produksi obat untuk memerangi stroke dan tekanan darah tinggi.

7. Anemia
Pisang mengandung sejumlah zat besi yang memungkinkan dan merangsang produksi hemoglobin darah. Jika Anda sering begadang, jangan lupa mengonsumsi buah pisang untuk mencegah terjadinya anemia.

8. Syaraf
Kandungan vitamin B dalam pisang membantu merangsang pertumbuhan syarat untuk anak-anak dan menenangkan sistem syaraf.

9. Pre menstrual syndrome (PMS)
Wanita yang mengalami gejala PMS setiap bulan bisa mengonsumsi ini. Pisang mengandung vitamin B6 yang dapat mengatur tingkat glukosa dan memengaruhi suasana hati.

10. Mengontrol suhu tubuh
Pisang mampu mengontrol suhu tubuh karena memiliki efek pendinginan alami.

11. Meningkatkan fungsi otak
Kadar kallium yang tinggi membuat pisang meningkatkan kekuatan otak.Studi yang dilakukan pada 200 siswa di Twickenham, Inggris terhadap siswa yang mengonsumsi pisang saat sarapan, makan siang dan makan malam membuktikan meningkatkan kemampuan belajarnya.

Melihat dahsyatnya khasiat pisang, ayo mulailah untuk mengonsumsi pisang setiap hari dan dapatkan manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. (maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita