Jumat, 25 September 2020

MA Tolak Kasasi JPU, La Nyalla Bebas Murni

MA Tolak Kasasi JPU, La Nyalla Bebas Murni

Foto: Ketua Umum Kadin Jatim Ir H. La Nyalla Mahmud Mattalitti. (Ari/swamedium)

Surabaya, Swamedium.com — Mahkamah Agung (MA) RI menolak kasasi jaksa penuntut umum (JPU) atas kasus dana hibah Kadin Jatim 2015. Penolakan tersebut berdampak dengan bebas murninya Ketua Umum Kadin Jatim La Nyalla Mahmud Mattaliti atas kasus tersebut.

Penolakan kasasi MA tersebut tertuang dalam Perkara bernomor 765 K/PID.SUS/2017 itu diputus tiga Hakim Agung, Prof. Dr. Mohamad Asikin, SH, Dr. Leopold Luhut Hutagalung, SH dan Prof. Dr. Surya Jaya, SH, M.Hum.

Ketua Umum Kadin Jatim Ir H. La Nyalla Mahmud Mattalitti mengaku lega dan bersyukur karena kebenaran yang hakiki dalam perkara ini akhirnya terwujud. Bahwa dirinya memang tidak terlibat dalam perkara penyimpangan dana hibah Kadin Jatim yang menyeret dua pengurus Kadin Jatim sebagai terdakwa.

“Alhamdulillah saya lega dan bersyukur kepada Allah SWT. Sekarang semua kembali normal seperti sediakala. Kadin Jatim bisa beraktifitas dengan lancar lagi. Saya pribadi menganggap ini semua ujian dan kita semua harus mengambil hikmah. Sekarang kita lupakan masa lalu, kita menatap masa depan,” ungkap mantan Ketum PSSI ini di Surabaya, Kamis (20/7).

Sementara itu, kuasa hukum Kadin Jatim Soemarso mengatakan keluarnya putusan MA tersebut sudah final.

”Dengan keluarnya putusan itu, maka Kejaksaan Tinggi Jatim harus segera menjalankan putusan dengan membuka semua blokir rekening pribadi La Nyalla Mahmud Mattalitti. Keputusan pengadilan harus dijalankan oleh semua pihak. Termasuk kejaksaan harus membuka kembali semua rekening pribadi Pak La Nyalla yang sebelumnya diajukan pemblokiran oleh kejaksaan,” urainya. (Ari)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.