Selasa, 22 September 2020

Pasca Dibubarkan, Polri Akan Tindak Tegas Kegiatan HTI

Pasca Dibubarkan, Polri Akan Tindak Tegas Kegiatan HTI

Foto: Kapolri Jenderal Tito Karnavian (ist)

Jakarta, Swamedium.com- terkait Perppu Nomer 2 Tahun 2017 tentang ormas yang dikeluarkan oleh pemerintah, Kepolisian Republik menegaskan akan menindak tegas segala bentuk kegiatan yang dilaksanakan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang secara resmi telah dicabut badan hukumnya.

“Silahkan pelajari UU Perppu itu. Itu ada perbuatan-perbuatan yang dilarang, kalau perbuatan dilarang itu dilaksanakan maka polisi akan tegakkan hukum,” ujar Kapolri Jendral Tito Karnavian di Mapolda Metro Jaya, Kamis (20/7).

Tito juga menambahkan, bahwa pihak kepolisian tidak akan mengeluarkan izin kegiatan kepada HTI apabila ingin melaksanakan kegiatan apapun sesuai peraturan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah.

Selain itu dirinya juga mempersilahkan kepada pihak yang bersangkutan apabila tidak menyetujui tentang Perppu pembubaran ormas untuk menggugat ke pengadilan.

Sementara itu, pihak kepolisian juga akan melakukan tindak pidana terhadap ormas yang melakukan tindakan anarkis.

“Kalau aksi anarkis terjadi bukan Perppu yang akan kita terapkan, tapi UU nomor 27 tahun 99 pasal 107b itu, perubahan KUHP beberapa pasal KUHP yang berhubungan dengan keamanan negara,” tegasnya. (Yog)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.