Selasa, 29 September 2020

Pasca Paripurna Diskors, Lobi-lobi RUU Pemilu Belum Juga Usai

Pasca Paripurna Diskors, Lobi-lobi RUU Pemilu Belum Juga Usai

Foto: Ruang Nusantara II gedung DPR RI. (Ilustrasi/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Rapat paripurna DPR RI menentukan isi revisi UU Pemilu telah diskors untuk lobi dan musyawarah antar fraksi sejak pukul 11.00 WIB. Namun hingga kini, lobi-lobi tersebut belum juga usai.

Lobi digelar di gedung Nusantara II DPR. Terlihat sejumlah pimpinan fraksi di DPR serta pimpinan DPR berada di lokasi.

Seperti dilansir Detik, Ketua Fraksi Demokrat Eddhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) dan Sekretaris Fraksi Demokrat Didik Mukrianto terlihat berada di lokasi. Demikian juga Wakil Ketua Fraksi NasDem Johnny G Plate tampak di lokasi. Sedangkan anggota F-PKS, Sutriyono, juga tampak hadir mewakili fraksinya di lobi RUU Pemilu.

Sementara dari unsur pimpinan DPR, terlihat ada tiga Wakil Ketua DPR yang hadir, mereka adalah Taufik Kurniawan, Agus Hermanto, dan Fadli Zon.

Baca Juga: Pembahasan Presidential Treshold Masih Alot, Paripurna DPR Diskors

Seperti diberitakan sebelumnya, dari lima isu krusial RUU Pemilu telah disepakati empat isu krusial oleh kesepuluh fraksi yakni, parliamentary threshold disepakati empat persen, sistem pemilu terbuka, alokasi 3-10 kursi per dapil, dan konversi suara quota hare.

Sedangkan isu yang sangat krusial, presidential threshold hanya tinggal menyisakan tiga opsi yakni presidential treshold 20 persen yang diusulkan oleh PDI Perjuangan, Golkar dan NasDem, presidential treshold nol persen yang diusung oleh Gerindra, PKS dan Demokrat, dan opsi solusi tengah antara nol sampai 20 persen yang diusung oleh PAN, PKB, PPP, dan Hanura. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.