Jumat, 25 September 2020

Sudah Enam Bulan, Siswa Sekolah Ini Terpaksa Belajar di Lantai

Sudah Enam Bulan, Siswa Sekolah Ini Terpaksa Belajar di Lantai

Foto: Jutaan anak terpaksa belajar di sekolah rusak (Radar Cirebon)

Majalengka, Swamedium.com– Selayaknya proses belajar mengajar di sekolah dengan duduk di kursi dan menulis dimeja untuk bisa mengikuti pelajaran yang diberikan oleh Guru dapat diterima dengan baik oleh siswa.

Kondisi Belajar mengajar di Kabupaten Majalengka Jawa Barat yang memprihatinkan, ratusan siswa di tiga sekolah di Desa Pilangsari, Kecamatan Jatitujuh belajar di lantai. Hal itu disebabkan pihak sekolah kekurangan meja dan kursi.

SDN Pilangsari III di blok Rancabeureum Desa Pilangsari. Kekurangan sarana bahkan sudah berlangsung sebelum masuk tahun ajaran baru. Total 32 siswa kelas V dan kelas VI belajar di lantai tanpa kursi dan meja.

Kondisi tersebut membuat para siswa mengeluh karena kesulitan berkonsentrasi saat belajar. Mereka juga mengalami kram dan sakit, karena terlalu lama jongkok atau tengkurap di lantai. Para siswa berusaha serius mengikuti pelajaran, namun sesekali mereka menguap dan menggerakan tubuh karena lelah membungkuk atau duduk tanpa sandaran selama berjam-jam.

Salah satu siswa kelas V SDN Pilangsari III, Saripudin mengeluhkan fasilitas belajar di sekolahnya. Saat belajar di lantai, para siswa juga diminta melepas sepatu sebelum masuk ruangan agar kondisi kelas tetap bersih dan seragam sekolah mereka tidak kotor.

“Kami semua berharap sekolah segera memiliki fasilitas meja dan kursi, agar para guru dan siswa bisa lebih berkonsentrasi saat belajar,” harap Saripudin seperti dikutip Radar Cirebon, Kamis (20/7).

Siswa juga banyak mengeluhkan belajar di lantai sering merasa kedinginan, Apalagi di musim kemarau terutama saat angin bertiup sangat kencang.

Tatang, seorang guru mengatakan selain kekurangan mebeler sekolah tersebut juga kekurangan ruang kelas. Sehingga sampai saat ini kegiatan belajar mengajar kelas V dan kelas VI disatukan dalam satu ruangan kelas. Meningkatnya jumlah siswa yang mendaftar tidak sebanding dengan daya tampung kelas.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.