Kamis, 24 September 2020

Daya Beli Menurun, Sepeda Motor Makin Tak Laku?

Daya Beli Menurun, Sepeda Motor Makin Tak Laku?

Foto: pengemudi sepeda motor menyerbu pelabuhan Bakauheni, Merak. (Vivanews)

Jakarta, Swamedium.com — Dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), transaksi jual beli kendaraan roda dua di Tanah Air mengalami penurunan setiap tahunnya.

Pada tahun 2015 lalu sepeda motor bisa terjual sebanyak 6,48 juta unit, namun di tahun 2016 turun menjadi 5,9 juta unit. Jumlah motor yang terjual pada Januari-Juni 2016 adalah sebanyak 2,9 juta unit. Sementara, di periode yang sama tahun ini, angkanya hanya tercatat sebesar 2,7 juta unit.

Sebelumnya, pada periode yang sama dua tahun lalu, penjualan motor secara nasional sudah melebihi dari 3,1 juta unit. Artinya, ada penurunan sekitar 200 ribu unit setiap tahunnya.

AISI beranggapan, selain daya beli masyarakat yang menurun, penyebab lain terpuruknya penjualan sepeda motor adalah makin terjangkaunya harga mobil. Saat ini, mobil jenis Low Cost Green Car (LCGC) bisa dimiliki masyarakat dengan dana sekitar Rp100 jutaan.

Seperti dilansir Vivanews, data penjualan mobil yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil memang cenderung meningkat.

Dalam periode Januari-Juni 2015, penjualan mobil sebanyak 525 ribuan unit. Angka itu naik menjadi 532 ribuan unit pada tahun 2016, dan terus naik menjadi 534 ribuan unit di 2017. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.