Kamis, 01 Oktober 2020

Fuad Bawazier Tanggapi Wacana Redenominasi Rupiah

Fuad Bawazier Tanggapi Wacana Redenominasi Rupiah

Foto. Mantan Menkeu Fuad Bawazier. (ist)

Oleh: Fuad Bawazier*

Jakarta, Swamedium.com — Sebagaimana dinyatakan baru baru ini oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Gubernur BI Agus Marto bhw pemerintah melalui RUU Redenominasi Rupiah ingin segera mengecilkan bilangan atau penyebutan rupiah. Ini bukan pemotongan uang atau revaluasi rupiah terhadap valas tetapi semata-mata penyederhanaan bilangan atau hitungan.

Karena issuenya memang sederhana maka jangan kaget kalau RUU Redenominasi Rupiah ini hanya terdiri dari 17 pasal.
Penyederhanaan dengan redenominasi ini sebenarnya sudah terlebih dahulu berlangsung di masyarakat. Memasuki restoran, cafe dan toko toko tertentu di kota kota besar, harga harga barang dicantumkan tanpa angka ribuan.

Penghilangan 3 (tiga) angka nol itu ternyata tidak membingungkan atau menyesatkan pengunjungnya. Harga harga yang tercantum jadi kelihatan rapi dan tidak “menakutkan”. Orang orang asing yang tinggal di Indonesia nampaknya lebih menyukai penyederhanaan atau perampingan penulisan rupiah, termasuk penyebutan harga dengan menanggalkan bilangan ribuannya. Sudah lazim harga Rp100.000,- akan di cantumkan Rp100,- dan disebutkan 100, meski tentu saja yg di maksudkan adalah 100 ribu dan pembeli juga membayarnya dengan Rp100.000,- Tidak ada kesalah-pahaman.

Dalam berbagai laporan keuangan yang menyantumkan rupiah, hampir selalu disederhanakan dalam ribuan, jutaan atau milyaran. Contohnya laporan keuangan perusahaan/ perbankan di surat kabar yg selalu mengecilkan penulisan atau penyebutan angka rupiahnya dalam ribuan atau jutaan rupiah. Apalagi Nota Keuangan dan RAPBN yang diajukan pemerintah ke DPR biasanya disajikan dalam jutaan atau milyaran.

Sebenarnya dalam pembicaraan sehari-hari baik di kalangan elit maupun rakyat kecil, di pasar modern maupun tradisionil, di kota maupun di desa, hampir dapat di pastikan budaya meringkas atau menyederhanakan angka atau bilangan rupiah itu lazim berlaku.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.