Rabu, 30 September 2020

Hersubeno Arief: Sandyakalaning Partai Golkar?

Hersubeno Arief: Sandyakalaning Partai Golkar?

Oleh : Hersubeno Arief

Jakarta, Swamedium.com – Bagaimana nasib dan masa depan Partai Golkar? Pertanyaan itu mengemuka setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan sang ketua umum “Gus” Setya Novanto menjadi tersangka dalam kasus mega korupsi e-KTP.

Status hukum Novanto selanjutnya akan sangat menentukan bagaimana perjalanan politik Partai Golkar. Apakah statusnya akan meningkat menjadi terdakwa dan kemudian terpidana? Atau Novanto bisa berkelit dan bebas?

Berdasarkan track record dari KPK, sebagian besar yang menjadi tersangka akan berakhir menjadi terpidana. Karir politik, maupun karir birokrasi pemerintahannya juga berakhir. Namun KPK tidak selamanya sakti. Ada beberapa tersangka yang berhasil menang melawan KPK.

Wakapolri Budi Gunawan dan Dirjen Pajak yang kemudian menjadi Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hadi Poernomo termasuk yang bisa berkelit dari jerat KPK. Mereka melawan dengan mengajukan gugatan pra peradilan.

Budi Gunawan batal menjadi Kapolri, namun karirnya terus melaju. Dia menjadi Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN), pangkatnya naik menjadi jenderal penuh bintang empat. Hadi Poernomo, bisa tetap menikmati pensiun dengan menghirup udara bebas.

Perlawanan Budi dan Hadi hampir dipastikan akan menjadi opsi yang dipilih Novanto. Jangan lupa Novanto bukanlah manusia “biasa.” Dia masuk dalam kelompok manusia sakti dan super licin. Berkali-kali berhasil lolos dari berbagai kasus yang hampir menjeratnya.

Masih ingat kasus “Papa Minta Saham”? Dia mundur sebagai Ketua DPR dan setelah memenangkan gugutan di Mahkamah Konstitusi, tanpa ribut-ribut Novanto mengambil alih kembali jabatan tersebut dari Ade Komarudin.

Peristiwa itu menunjukkan kelasnya. Sepanjang sejarah republik ini berdiri, hanya Setya Novanto lah yang bisa melakukan. Mari kita saksikan bagaimana akhir adu kesaktian antara Novanto melawan KPK.

Pages: 1 2 3 4 5

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.