Rabu, 20 Januari 2021

Koperasi Syariah 212 “Go Digital”

Koperasi Syariah 212 “Go Digital”

Foto: Launching KS 212 Mobile. (Nico Andrianto/jurnalis warga/swamedium)

Sentul, Swamedium.com — Belum berumur satu tahun, Koperasi Syariah 212 kembali mencatatkan sejarah kemajuan yang signifikan. Sabtu (22/7) koperasi yang terinspirasi dari Aksi Super Damai 212 ini melakukan peluncuran KS 212 Mobile, sebuah aplikasi berbasis android di Playstore.

Banner Iklan Swamedium

Aplikasi KS 212 Mobile yang menawarkan berbagai kemudahan transaksi keuangan secara digital ini akan bisa dinikmati anggota koperasi ini dengan layanan transaksi selama 24 jam sehari, cukup dari genggaman tangan.

“KS 212 Mobile bisa digunakan untuk membayar listrik, telepon, HP (prabayar, pascabayar), PAM, BPJS, angsuran pinjaman, pendidikan, asuransi, tagihan internet/kabel TV dan lainnya,” kata Ustadz Syafii Antonio di kawasan Sentul, Bogor, Sabtu (22/7).

Lebih lanjut ustadz Syafii mengatakan, keunggulan mobile banking 212 ini karena telah menggunakan core yang sama dengan di dunia perbankan, dimana pengguna bisa melakukan cek saldo, deposito, riwayat pinjaman atau cek tagihan. Aplikasi KS 212 Mobile juga telah diintegrasikan dengan ribuan BMT, BPRS, Koperasi Syariah, dan berbagai lembaga keuangan mikro syariah di seluruh Indonesia.

Yang menarik, kata dia, dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan tersebut biaya transaksi KS 212 Mobile lebih murah dibandingkan dengan layanan sejenis. Layanan aplikasi ini, lanjut dia, hanya dikenakan biaya sebesar 1.800 rupiah yang akan menjadi profit center bagi Koperasi Syariah 212.

“Jika dalam waktu dekat sejuta umat memanfaatkan KS 212 Mobile, maka besaran rupiah yang bisa dihemat akan sangat besar. Dengan perhitungan biaya PLN, pembelian pulsa, dan biaya administrasi, sejuta umat selama ini telah “bersedekah” sebesar 21,5 Milyar per bulan kepada berbagai bank,” tutur Ustadz Syafii.

“Potensi seluruh penghematan dari biaya administrasi dan biaya transaksi bisa mencapai 25 Trilyun rupiah per tahun. Selain itu, dana yang terkumpul dipastikan akan tetap berputar di Indonesia, karena penyelenggara layanan ini adalah badan hukum milik Indonesia sendiri,” imbuh dia.

Pada acara tersebut, Koperasi Syariah 212 juga meluncurkan 212 Card, yaitu solusi bagi anggota yang belum memiliki smartphone berbasis android.

Peluncurannya dilakukan melalui penandatanganan secara simbolis Kartu Anggota Koperasi Syariah 212 oleh Ketua Umum, Ustadz Syafii Antonio.

Semua transaksi syariah bisa dilakukan melalui kartu yang sekaligus menjadi Kartu Anggota Koperasi Syariah 212 ini, mulai dari setor dan tarik tunai, berbagai macam pembayaran, pembelian, pengiriman uang, dan lainnya. Saldo rekeningnya menggunakan skema wadah multiguna, dimana keuntungan yang di dapatkan oleh koperasi akan dimasukkan dalam rekening anggota melalui kartu ini.

Selain berupaya menerapkan financial technology (fintech), Koperasi Syariah 212 sekaligus mendukung program pemerintah meningkatkan literasi keuangan melalui financial inclusion (Laku Pandai) serta Cashless (Lesscash) society.

“Koperasi Syariah 212 telah bercitarasa financial technology, dan telah menerapkan core banking. Melalui sistem ini maka pembiayaan mikro yang menyasar transaksi senilai 1 sampai dengan 2 juta rupiah bisa dilakukan. Kopsya 212 juga berupaya membangun Islamic Micro Payment System yang akan terkoneksi dengan layanan lain seperti Paytren, Koperasi Sidogiri, dan lainnya menuju Syariah payment point di berbagai BMT dan koperasi syariah di manapun di seluruh Indonesia,” urai Ustadz Syafii.

Untuk itu, ia mengajak umat untuk bergabung dengan Koperasi Syariah 212 yang menawarkan berbagai kemudahan melalui KS 212 Mobile dan 212 Card.

“Cukup dengan mendaftar menjadi anggota koperasi 212 dan membuka rekening, maka berbagai kemudahan akan didapatkan oleh anggota,” pungkas Ustadz Syafii.

Untuk diketahui, mulai bulan Juli ini, Kopsya 212 juga telah memiliki back bone server sendiri untuk mempermudah registrasi anggota. Sehingga penggunaan teknologi informasi ini menjadi langkah strategis bagi perluasan keanggotaan. (Nico Andrianto/jurnalis warga/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita