Selasa, 19 Januari 2021

WNA Cina Penyelundup Sabu Rp60 Miliar Terancam Hukuman Mati

WNA Cina Penyelundup Sabu Rp60 Miliar Terancam Hukuman Mati

Foto: Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Nico Afinta. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Sabu seharga Rp60 miliar berhasil diamankan pihak kepolisian dari pelaku LY dan LX yang merupakan Warga Negara Asing (WNA) yang berasal dari Cina. Keduanya ditangkap di Ruko Perumahan Taman Surya, Kelurahan Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat, Selasa (18/7) lalu.

Banner Iklan Swamedium

“Kedua warga negara Cina ini modus operandinya adalah menyewa Ruko dan rusun untuk menerima barang kiriman melalui jalur ekspedisi,” kata Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes Nico Afinta di Mapolda Metro Jaya, Senin (24/7).

“Dari dua tersangka itu, polisi terpaksa menembak mati LX karena mencoba melawan saat diringkus,” imbuhnya.

Nico menjelaskan, penangkapan tersebut berawal dari informasi yang diterima subdit I Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya pada 19 Mei 2017 lalu, adanya pengiriman sabu yang berasal dari Guangzhou, Cina melalui ekspedisi laut (Cina, Portklang, Malaysia, Dumai Pekan baru).

Agar tidak diketahui petugas, tersangka menyembunyikan barang haram tersebut ke dalam rangkaian meja dan payung taman. Kedua tersangka juga menyamar menjadi pegawai restoran, yang nantinya akan memasukan barang tersebut menjadi perlengkapan untuk taman.

“Total barang bukti yang disita 41,5 kg dengan nilai sekitar 60 milliar rupiah,” jelas Nico.

Atas Perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 114 ayat (2) junco 132 ayat (1) subsider pasal 112 Undang Undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman mati. (Yog)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita