Senin, 25 Januari 2021

Kebakaran Lahan Meningkat, BPBD Aceh Siapkan Siaga Darurat Asap

Kebakaran Lahan Meningkat, BPBD Aceh Siapkan Siaga Darurat Asap

Foto: Kebakaran lahan meluas, BPBD Aceh siapkan status siaga darurat asap. (ilustrasi/ist)

Banda Aceh, Swamedium.com — Kebakaran lahan terus meluas di Provinsi Aceh. BMKG mencatat ada 35 titik panas yang terpantau. Titik panas itu tersebar di delapan kabupaten-kota.

Banner Iklan Swamedium

Titik panas terbanyak terdeteksi di Aceh Barat 12 titik, lalu 11 titik di Nagan Raya, Aceh Besar, Aceh Jaya, dan Aceh Tegah sama-sama tiga titik, Aceh Singkil, Gayo Lues, dan Sulubussalam masing-masing satu titik.

Saat ini, aparat TNI di Kabupaten Aceh Barat terlibat langsung dalam pemadaman kebakaran lahan gambut disana. Luas lahan yang terbakar mencapai 60 hektare lebih dan tersebar di enam kecamatan.

Melihat kondisi yang terjadi sekarang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh menginginkan peningkatan status daerah itu menjadi siaga darurat asap. Hal itu mengingat dampak kabut asap mulai dirasakan warga di Aceh Barat.

“Sekarang telah saya siapkan surat keputusan gubernur (Aceh), tentang kesiapsiagaan. Ini untuk ditindaklanjuti lebih lanjut,” kata Kepala BPBD Aceh Yusmadi di Banda Aceh, seperti dilansir Antaranews, Selasa (25/7).

Menurutnya, peningkatan status itu diperlukan mengingat kebakaran hutan dan lahan di Aceh tidak cuma terjadi pada satu daerah, dan kabut asap yang ditimbulkan juga mengganggu kesehatan masyarakat.

Langkah yang diambil Pemerintah Aceh tersebut merupakan upaya mempermudah koordinasi antarinstansi dan sekaligus meneruskan tindakan pencegahan di lapangan.

“Ini bukan satu kabupaten lagi, tapi sudah lintas daerah. Memang, sudah seharusnya bisa kita buat bencana asap ini darurat provinsi,” tuturnya. (*/d)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita